PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V MI NAHDLATUL ULAMA KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

  • MOHAMAD WAHYU AFANDI

Abstract

Abstrak

Secara umum, fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Demi mewujudkan tujuan pendidikan nasional diperlukan kinerja yang saling mendukung antar komponen dalam sistem pendidikan pada satuan pendidikan, tidak terkecuali peran dari masing-masing mata pelajaran yang diwajibkan untuk diajarkan kepada peserta didik. Salah satu dari mata pelajaran tersebut adalah pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Dalam aktivitas pembelajaran diperlukan interaksi antara peserta didik dan pendidik sehingga pembelajaran lebih aktif. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan aktif dan tidak membosankan diperlukan adanya inovasi baru yang diberikan oleh guru agar minat siswa untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan semakin meningkat. Salah satunya dengan pemberian permainan kecil  yang disesuaikan dengan kurikulum di satuan pendidikan tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan kecil terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas V MI Nahdlatull Ulama Candi Sidoarjo. 2.) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pemberian permainan kecil terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama Candi Sidoarjo. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nahdlatull Ulama Candi Sidoarjo yang berjumlah 37 siswa.

 Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa tidak ada pengaruh permainan kecil terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas V  MI Nahdlatul Ulama Candi Sidoarjo. Hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t terdapat nilai thitung -1,870 < ttabel 1,697 dengan nilai signifikan 0,071 > taraf signifikan 0,05.

Kata Kunci: Permainan Kecil, Minat Belajar Siswa

Abstract

In general, the function of national education is to develop the potential of learners to achieve a prosperous society. In order to realize the national education goals required the performance of mutual support between components in the system of education in the educational unit, not least the role of each of the subjects required to be taught to students. One of these subjects are physical education, sports and health. In the learning activities required interaction between learners and educators that learning is more active. So that learning can be run with active and not boring required new innovation given by the teacher to motivate students to follow the teaching of physical education, sports and health is increasing. One of them is the provision of traditional games that are tailored to the curriculum in the education unit.

The purpose of this study was 1.) to determine the effect of traditional game against the interest of students in physical education, sport and health in Class V MI Nahdlatull Ulama Candi Sidoarjo. 2.) To determine the magnitude of the effect of traditional game against the interest of students in physical education, sport and health in Class V MI Nahdlatul Ulama Candi Sidoarjo. This study design uses one group pretest-posttest desaign. This study population is the class V MI NU Candi Sidoarjo totaling 37 students. Based on this research note that there is no influence of small game against the interest of students in physical education , sports and health in Class V MI NU Candi Sidoarjo . It mentioned evidenced from the calculation of the t-test are tcount -1.870 < t-tabel 1,697 with significant value 0.071 > 0.05 significant level .

Keywords: Traditional Games, Interest In Learning Students

Published
2017-08-06
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 124