PEMANFAATAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas XII SMALB-B Dharma Wanita Sidoarj

  • MUKLAS SAFII PUTRA

Abstract

Abstrak

Gangguan pendengaran yang dialami anak berkebutuhan khusus (tunarungu) mempunyai banyak pengaruh pada proses pembelajaran, karena mereka untuk menghantarkan dan mempersepsi rangsangan untuk diubah menjadi tanggapan atau respon dialihkan menggunakan indra penglihatan sebagai kompen-sasinya. Sehingga menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif untuk menentukan media yang tepat agar tujuan pembelajaran tersampaikan secara maksimal, guru dapat memanfaatkan media visual untuk menyampaikan materi kepeda siswa anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media visual terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas XII SMALB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMALB-B Dharma Wanita Sidoarjo yang berjumlah 11 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas XII SMALB-B Dharma Wanita Sidoarjo dengan menggunakan media visual hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (2,957>2,228).

Kata kunci: Media visual, Dribble, Tunarungu

Abstract

Hearing disorder has a lot of influence in the teaching learning process for children with special needs. It is because they do not conduct and perceiving the stimulus into response which is redirected through the sense of sight as the compensation. Therefore, the teacher needs to be more creative and innovative to decide the right media, so the objective can be reached maximally. The teacher can use visual media to deliver the material for the students with special needs. The aim of this study is to know the advantages in the use of visual media on learning basketball dribble result to eleventh grade students in SMALB-B (Special Needs Senior High School) Dharma Wanita Sidoarjo. The design experiment that is used is one group pretest-posttest design. The populations are eleven students in twelfth grade of SMALB-B (Special Needs Senior High School) Dharma Wanita Sidoarjo. The result of the study is proven using t-test with the result t count > t table (2.957>2.228). It shows that there is an improvement in the result of learning basketball dribble for the students by the use of visual media.

Keywords: Visual Media, Dribble, Hearing Disorder

Published
2017-08-06
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 207