PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DENGAN TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Srengat)

  • DEDE HADI WIJAYA

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran penjasorkes sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik dari segi fisik maupun pendidikan karakter. Model pembelajaran harus disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada disekolah dan disampaikan oleh guru dengan baik agar siswa merasa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan salah satu model pembelajaran yang mendukung munculnya motivasi dalam pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Dari beberapa tipe dalam model pembelajaran kooperatif, tipe TGT (Team Games Tournament) dan tipe Jigsaw mempunyai keunggulan dalam memunculkan motivasi belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Srengat berjumlah 69 siswa, yang terdiri dari 35 siswa kelas XI IPS4 mendapat pembelajaran dengan model Kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dan 34 siswa kelas XI IPS7 mendapat pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrument penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan analisis data menggunakan t test atau uji t (independent).

Hasil perhitungan statistik membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan rata-rata nilai motivasi belajar 126,66 lebih rendah dibandingkan tipe Jigsaw dengan rata-rata nilai motivasi belajar 136,44 dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta terbukti dari nilai  3,674 >  1,990 dengan taraf signifikan 0,05.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dan Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Penjasorkes.

Abstract

The learning model used in learning penjasorkes influence on student learning outcomes in terms of both physical and character education. The learning model must be adapted to the existing facilities and infrastructure in schools and delivered by teachers with good to make students feel interested and motivated to keep learning. In Physical Education, Sport and Health one model of learning that supports the emergence of motivation in learning is cooperative learning model. Of some type in cooperative learning model, the type of TGT (Team Games Tournament) and Jigsaw has an advantage in generating student motivation.

This study aims to determine the ratio between the type cooperative learning model TGT (Team Games Tournament) with the type cooperative learning model Jigsaw on the students motivation in learning physical education, sports and health. This research is a comparative study with quantitative descriptive approach. The sample in this study is a class XI student of SMAN 1 Srengat totaled 69 students, consisting of 35 students of class XI IPS4 got a learning model Cooperative type TGT (Team Games Tournament) and 34 students of class XI IPS7 got a learning model Cooperative Jigsaw with using a random cluster sampling technique. This research instruments using learning motivation questionnaire and analyzed using t test or independent t test.

The results of statistical calculations to prove that there is a significant difference between the type cooperative learning model TGT (Team Games Tournament) with an average value of learning motivation 126.66 Jigsaw lower than the average value of 136.44 learning motivation in teaching physical education, sport and health as well as the proven value of 3.674 > 1.990 with significance level of 0.05.

Keywords: Cooperative Learning Model TGT (Team Games Tournament) and Type Jigsaw, Student Motivation, Physical education, Sports, and, Health Learning

Published
2017-08-06
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 240