PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Ponorogo)

  • LAILI SUKMA KHAIRUN NIAM

Abstract

Abstrak

Dalam suatu proses belajar dibutuhkan kerjasama karena kerjasama adalah fakta yang terpenting dalam sebuah pembelajaran. Dalam hubungan kerjasama dengan kegiatan belajar yang terpenting adalah bagaimana menciptakan suatu proses belajar yang mengarahkan siswa untuk dapat menumbuhkan kerjasama agar dapat melakukan aktivitas belajar yang baik. Salah satu cara untuk menumbuhkan kerjasama adalah dengan menerapkan permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Diharapkan dengan menerapkan permainan tradisional dalam pembelajaran mampu memaksimalkan pendidikan karakter pada siswa terutama kerjasama antar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan tradisional terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Ponorogo berjumlah 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas X MIPA 6 menjadi kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas X MIPA 4 menjadi kelompok kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrument penelitian ini menggunakan angket kerjasama dan analisis data menggunakan t test atau uji t (independent).

Dari hasil perhitungan statistik dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian permainan tradisional terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terbukti dari nilai  4,871 > 1,999 dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya sebesar 5,53% untuk kelompok eksperimen dan 0,83% untuk kelompok kontrol. Jadi kenaikan keseluruhan sebesar 4,7%.

Kata Kunci: SMA, Kerjasama Siswa, Permainan Tradisional.

Abstract

In a learning process required cooperation because cooperation is the most important fact in a study. In a collaborative relationship with learning the important thing is how to create a learning process that lead students to be able to foster cooperation in order to do a good learning activity. One way to foster cooperation is to apply a traditional game in teaching physical education, sports and health. Expected by applying traditional games in learning to maximize the character education to students, especially cooperation among students.

This study aimed to determine the effect of the traditional games on the cooperation of students in physical education, sports and health. This research is experiment with descriptive quantitative approach. The samples in this study were students of SMAN 2 Ponorogo totaling 64 students, which consisted of 32 students of class X Science 6 into the experimental group and 32 students of class X Science 4 a control group using a random cluster sampling technique. The study instrument is using a questionnaire cooperation and data analysis usingt test or independent t test.

From theresults of statistical calculations it can be concluded that there is asignificant effect of a relay race game against the cooperation of students in learning physical education, sport and health as proven from the value oft count 4.871 > ttable 1.999 with asignificance level of 0.05. While much influence at 5.53% for the experimental group and 0.83% for the control group. So overall increase of 4.7%.

Keyword: Senior High School, StudentCooperation, Traditional Game.

Published
2017-08-06
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 687