PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Surabaya)

  • ROSY AINUN NADHIFAH

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan bagian integral dari pendidikan dan merupakan alat pendidikan. Oleh karena itu program PJOK wajib diikuti oleh semua siswa. Tujuan yang ingin dicapai pada PJOK bersifat menyeluruh atau kognitif, afektif dan psikomotor.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap efektivitas gerak siswa dalam PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII kemudian menggunakan cluster random sampling untuk menentukan sampel. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII D yang berjumlah 36 siswa dan VIII G yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Formative Class Evaluation (FCE) dan Lembar Kelas Dikjasor.

Berdasarkan tabel  FCE kelompok eksperimen dalam tiga tatap muka masing-masing mendapatkan skor 5, 4, 4 dapat dikatakan dalam kategori baik. Berdasarkan tabel  FCE kelompok kontrol dalam tiga tatap muka masing-masing mendapatkan skor 4, 4, 4 dapat dikatakan dalam kategori baik. Berdasarkan tabel lembar observasi kelas dikjasor kelompok eksperimen yang dilakukan tiga tatap muka masing-masing mendapatkan skor 70,66%, 69,60% dan 66,56% dapat dikatakan dalam kategori baik. Berdasarkan tabel  lembar observasi kelas dikjasor kelompok kontrol yang dilakukan tiga kali tatap muka masing-masing mendapatkan skor 69,43%, 63,65%, dan 66,81% dapat dikatakan dalam kategori baik.

Berdasarkan tabel  uji normalitas kelompok eksperimen diketahui Pvalue pada pertemuan pertama hingga ketiga yaitu 0,000, 0,045 dan 0,009. Dapat disimpulkan bahwa data pada pertemuan pertama hingga pertemuan akhir adalah berasal dari data yang tidak normal karena Pvalue < alpha yaitu < 0,05. Berdasarkan tabel  uji normalitas kelompok kontrol diketahui Pvalue pada pertemuan pertama hingga ketiga 0,108, 0,188 dan pertemuan 0,087. Dapat disimpulkan bahwa data pada pertemuan pertama hingga pertemuan akhir adalah berasal dari data yang normal karena Pvalue   > alpha yaitu 0,05.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada data FCE dan lembar observasi kelas dikjasor tidak ada pengaruh pemberian reward terhadap efektivitas siswa dalam pembelajaran PJOK. Hal ini disebabkan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi hasil FCE pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu kondisi fisik siswa, minat siswa dan keadaan cuaca pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada data uji normalitas kelompok eksperimen menunjukkan data yang tidak normal yaitu < 0,05 sedangkan pada data uji normalitas kelompok kontrol menunjukkan data yang normal yaitu > 0,05.

Kata Kunci: Reward, efektivitas.

Abstract

Physical Education, Sport and Health (PJOK in Bahasa) is an integral part of education and an educational tool. Therefore PJOK program is mandatory for all students. The objectives in physical education, sports, and holistic health or cognitive, affective and psychomotor.

The aims of this study was to determine the effect of reward on the effectiveness of the student movement in PJOK. This study is a quasi-experimental research with a quantitative approach. The population in this research is VIII grade then using cluster random sampling to determine the sample. The sample in this research is class of VIII-D and VIII-G. The instrument used in this study was a questionnaire Formative Class Evaluation (FCE) and Class Sheet of Dikjasor.

According to the table FCE experimental group in three face each get a score of 5, 4, 4 can be said to be in both categories. According to the table FCE control group in the three face each get a score of 4, 4, 4 can be said to be in both categories. Based on classroom observation sheet table of Dikjasor experimental group performed three face each get a score of 70.66%, 69.60% and 66.56% can be said in both categories. Based on classroom observation sheet table of Dikjasor control group performed three times face each get a score of 69.43%, 63.65%, and 66.81% can be said in both categories.

Based on the test table normality Pvalue experimental group known at the meeting of the first three, namely 0,000, 0,045 and 0,009. It can be concluded that the data in the first meeting until the end of the meetings is derived from data that is not normal for Pvalue <alpha is <0.05. Based on the test table normality Pvalue control group known at the meeting of the first three 0.108, 0.188 and 0.087 meetings. It can be concluded that the data in the first meeting until the end of the meetings is derived from data that is normal because Pvalue > alpha of 0.05.

It can be concluded that the data FCE and classroom observation sheets of Dikjasor has no influence on the effectiveness of reward students in learning PJOK. On the data normality test experimental group showed data that is not normal is <0.05, while the control group of data normality test showed normal data that is > 0.05.

Keywords: Reward, effectiviness

Published
2017-08-06
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 42