PENGARUH PERMAINAN ROUNDERS TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBERLAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN Pada Siswa Kelas IV dan V di SDN 1 Munggu Gebang Kabupaten Gresik

  • ZAINURI

Abstract

Abstrak

PJOK adalah salah satu mata pelajaran yang digemari pada anak sekolah dasar. Karena pada usia ini pada umumnya mereka sangat aktif bergerak dan cenderung melakukan gerak sebanyak-banyaknya. Sejalan dengan tujuan dari PJOK yaitu berusaha memberikan kecukupan gerak dan meningkatkan kebugaran siswa melalui pembelajaran PJOK. Selain itu itu melalui pembelajaran PJOK anak bisa belajar sambil bermain, karena materi yang diajarkan banyak yang berhubungan dengan permainan.Dengan diterapkannya permainan rounders diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran PJOK, karena permainan rounders merupakan permainan yang menyenangkan dan didalamnya menumbuhkan sikap sportif, jujur, bertanggung jawab, kerjasama. Permainan rounders sendiri merupakan permainan baru karena jarang diterapkan dalam pembelajaran PJOK di sekolah-sekolah dan dirasa siswa akan lebih berminat lagi dengan permainan yang baru mereka kenal dalam pembelajaran PJOK.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1. Pengaruh permainan rounders terhadap minat siswa dalam pembelajaran PJOK, 2. Seberapa besar pengaruh permainan rounders terhadap minat siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas IV dan V SDN 1 Munggu Gebang, Benjeng, Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen semu. Lokasi penelitian di SDN 1 Munggugebang Kabupaten Gresik. Populasi dalam penelitian ini  adalah  siswa siswi kelas IV dan V di SDN 1 Munggugebang Kabupaten Gresik dengan jumlah 45 siswa.Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket.Hasil penelitian tentang pengaruh permainan roundersterhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa kelas IV dan V SDN 1 Munggu Gebang Kabupaten Gresik,  menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh penerapan modifikasi permainan rounders terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas IV dan V SDN 1 Munggu Gebang Kabupaten Gresik, dapat dibuktikan dari nilai thitung  -0,890  ≤  ttabel 2,021 dengan nilai signifikan = 0,379 ≥ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata kunci: Permainan Rounders, Minat,PJOK

Abstract

Sports and physical education of Health is one of the popular subjects in elementary school children. Because at this age are generally very active moves and they tend to do some motion of running mates. In line with goals of the sports and physical education of Health that is trying to give adequacy of motion and improvefitness of students through learning sports and physical education of Health.In addition it is through learning sports and physical education of Health children can learn while playing, because the material was taught many associated with game. By implementation of rounders game is expected to increase students interest in learning sports and physical education of Health, because rounders game is a fun game and it fosters an attitude of sportsmanship, honesty, responsibility, cooperation. Rounders game itself is a new game because it is rarely applied in teaching sports and physical education of Health in schools and felt the students were more interested again with a new game they know in learning sports and physical education of Health.

The purpose of this study to determine effect and how much rounders game influence on students interest to learning sports and physical education of Health in grade IV and V SDN 1 MungguGebang, Benjeng, Gresik. This study is a quasi-experimental quantitative research. Location of this research at SDN 1 Munggugebang Gresik. Population and sample in this research are students of class IV and V in the SDN 1 Munggugebang Gresik. Data were collected by using questionnaires.Research result about the effects rounders game on student interest in learning physical education, sports and health in grade IV and V SDN 1 Munggugebang Gresik, showed that there was no effect of applying a modified rounders game on student interest by learning sports and physical education of Health in grade IV and V SDN 1 MungguGebang Gresik. can be proven from valuetcount-0,890  ≤  ttable2,021 with significant value =0,379 ≥ α = 0,05Indicated thatH0 accepted dan Hawas rejected

Keywords: Rounders game, interests, sports and physical education of Health

Published
2017-08-06
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 203