DESKRIPSI MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET PERAIH BABAK FANTASTIC FOUR PADA KEJUARAAN JUNIO JRBL SURABAYA SERIES 2016

  • AJENG DAMAYANTI SRI NAZHARRIYA

Abstract

Abstrak

Manajemen merupakan suatu kegiatan. Manajemen meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling). Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran yang ada disekolah yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki siswa. Sedangkan Manajemen Ekstrakurikuler yaitu pengolahan dalam manfaatkan sumber daya potensial (manusia) yang disusun secara tertata sesuai dengan kemampuan dan pengelolahan dalam memanfaatkan sumber daya potensial (non-manusia) yang dimiliki dengan lebih efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen ekstrakurikuler bola basket sekolah menengah pertama yang masuk di babak fantastic four pada kejuaraan Junio JRBL Surabaya Sries 2016. Hal itulah yang menyebabkan peneliti berkeinginan untuk mnggunakan metode partisipasi pasif, jadi peneliti datang ke tempat kegiatan orang yang diamati, tetapi tidak ikut terlibta dalam kegiatan tersebut (Sugiyono, 2010:227). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, kuiseoner dan dokumentasi.  Ada beberapa teknik analisis data, yaitu pencatatan, pengelompokan data dan penganalisaan data. Hasil penelitian manajemen ekstrakurikuler sekolah menengah pertama yang masuk di babak fantastic four dalam kejuaraan Junio JRBL Surabaya Series 2016 ini memiliki manajemen ekstrakurikuler: Komponen yang utama dalam berjalannya program manajemen yang ada adalah antara Pembina, pelatih dan siswa memiliki komunikasi yang baik dan program yang sudah tersusun dengan baik. Sarana dan prasarana yang ada di 3 sekolah ini terbilang cukup layak untuk digunakan dan peralatan tambahannya hanya beberapa sekolah yang memiliki peralatan penunjang untuk latihan. Penerapan program latihan di 3 sekolah ini sama menggunakan program latihan jangka panjang, intensitas latihan yang berbeda (ada yang seminggu 3 atau bahkan lebih). Ada beberapa sekolah yang memberikan penghargaan terhadap Pembina, pelatih dan siswa-siswanya secara moril dan materil da nada juga sekolah yang hanya memberikan penghargaan secara moril saja. Setiap tahunnya di setiap sekolah melakukan program anggaran yang dibutuhkan ekstrakurikuler bola basket. Bahkan jika ada pertandingan sekolah dan para orangtua/wali menyediakan mulai dari akomodasi, konsumsi, dan lain-lain.

Kata kunci : Manajemen Ekstrakurikuler, Bola Basket

Abstract

Management is an activity. Management includes planning, organizing, personnel or staffing, direction and leading and controlling. Extracurricular activities are carried out outside of school hours that are aimed at developing the personality, talents, interests and abilities of students. While Extracurricular Management is processing in utilizing potential resources (human) which arranged in accordance with the capability and pengelolahan in utilizing the potential resources (non-human) owned more effectively and efficiently. This study aims to find out the extracurricular management of junior high school basketball that entered in fantastic four round of JRBL Surabaya Series 2016 championship. This is what causes researchers to desire to use passive participation methods, so researchers come to the place of the observed person, but not involved in the activity (Sugiyono, 2010:227). This research is a qualitative research that produces descriptive data. This research was carried out some data collection techniques, namely interviews, kuiseoner and documentation. There are several data analysis techniques, namely recording, data grouping and data analysis. The results of management of extracurricular junior high school who entered in the fantastic four round of the junior championship JRBL Surabaya Series 2016 has an extracurricular management: The existing management program is between coaches, coaches and students have good communication and well-structured programs. The facilities and infrastructure that exist in these 3 schools are quite feasible to be used and the additional equipment is only a few schools that have supporting equipment for training. The implementation of the training program in these 3 schools is the same using the long-term exercise program, the intensity of different exercises. There are some schools that give awards to coaches, coaches and students morally and materially as well as schools that only reward morally. Every year in every school to do the budget program that is required extracurricular basketball. Even if there is a school game and the parents/guardians provide starting from accommodation, consumption, and others. Keywords: Management Extracuriculer, Basketball
Published
2017-08-08
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 81