PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TALI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Krejengan Kabupaten Probolinggo)

  • AHMAD KUSNADI

Abstract

Abstrak

Guru sebagai penyelenggara pendidikan sekaligus motivator utama dalam proses pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan, disamping itu kualitas guru cenderung berpengaruh terhadap kualitas siswa. Suatu kegiatan belajar mengajar akan cenderung lebih baik bila ditunjang oleh kemampuan guru dalam menciptakan suatu interaksi yang dinamis yang mengacu pada pencapaian instruksional khusus merupakan salah satu kriteria keberhasilan dalam proses pembelajaran.Guru dalam proses pembelajaran harus mampu merencanakan, menetapkan tujuan, mempersiapkan materi, memilih metode dan alat bantu yang tepat dalam proses pembelajaran ini dikarenakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Hasil belajar lompat jauh gaya menggantung dapat ditinjau melalui kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif.  Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Krejengan Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 24 siswa. Dari hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa selama pemberian 2 perlakuan terdapat pengaruh yang signifikan nilai penggunaan media tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung yang dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (16,570 > 1,713) dari ketiga komponen hasil belajar yang digunakan pada saat pretest dan posttest yaitu kognitif, afektif,dan psikomotor dengan peningkatan hasil belajar sebesar 41,07%.

Kata Kunci : Media Tali, Hasil, Belajar, dan Lompat Jauh.

Abstract

Teacher as an education implementer also as the main motivator in learning process have very important role in the efforf of education purpose achievement, also teacher’s quality have important effect to student’s quality. A learning activity will be better if supported by teacher’s ability in creating dynamic interaction which towards to special instructional achievement is one of the success criteria on learning process. Teacher on learning process must be able to plan, set the purpose, prepare the material, choosing right method and tool aid in this learning process in order to achieve expected learning objectives that suitable with standarts competence and basic competences.

Squat long jump learning results can be viewed by cognitive, affective, and psychomotor aspects. This research aim is to find out the effect of rope media application to squat long jump’s learning results.

This is a apparent experiment research with descriptive quantitative approach. The research subject are students of class VIII-C in  ProbolinggoState Junior High School that amounted of 24 students.   

From the generally research result it can be conclude that during 2 treatments giving there is significant effect of rope media application to squat long jump’s learning results which evidenced from the results of tcount> ttable (16.570>1.713) from the third learning components that applied during pretest and posttest that is cognitive, affective, and psychomotor with 41,07% learning result increase. 

Keywords : Media Strap, Results, Learning, and Long Jump.

Published
2017-08-13
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 39