PENGARUH PEMBERIAN TES FORMATIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KESEHATAN (Studi pada peserta didik kelas X SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang)

  • ULIL MUQA ROMAH

Abstract

Abstrak

Pendidikan kesehatan merupakan materi dalam mata pelajaran PJOK, dimana sebagian guru cenderung berfikiran bahwa materi pendidikan kesehatan berupa teori yang bisa langsung dibaca oleh peserta didik. Pada pelaksanaannya guru mata pelajaran PJOK seringkali mengabaikan penyampaian materi pendidikan kesehatan tersebut di dalam kelas sehingga pelaksanaan tes formatif juga cenderung tidak dilakukan. Oleh karena itu, pemberian tes formatif yang seringkali diabaikan dapat dijadikan salah satu cara efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi pendidikan kesehatan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tes formatif terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan kesehatan dan seberapa besar pengaruh pemberian tes formatif terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan kesehatan pada peserta didik kelas X SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang dengan jumlah 10 jurusan dan terdapat 3 kelas pada masing-masing jurusan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling, yaitu kelas X Akutansi B dengan jumlah 33 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan X Akutansi C sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 38 peserta didik. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah mean, standar deviasi, varian, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (T-Test sampel sejenis dan sampel berbeda).

Hasil analisis statistik menggunakan paired samples test dan diketahui peningkatan hasil belajar pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen sebesar 30,56 % dan peningkatan hasil belajar pendidikan kesehatan pada kelompok kontrol sebesar 16,31 %, sehingga peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih tinggi 14,25% dari kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji beda dengan sampel berbeda (independent sample test) didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan nilai alpha (0,05)  yang menunjukkan bahwa H1 diterima.

Demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian tes formatif terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan kesehatan pada peserta didik kelas X SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang dengan pengaruh sebesar 30,56%.

Kata Kunci : Tes Formatif, Hasil Belajar, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Health education is material in the subjects of physical education, sports and health, where some teachers tend to think that health education materials in the form of a theory that can be directly read by students. In practical teacher of physical education, sports and health often ignore the delivery of health education materials in the classroom so that the implementation of formative tests also tend not to be done. Therefore, giving formative tests that are often ignored can be used as an effective way to improve the learning outcomes of learners in health education materials.

The purpose of this research is to know the effect of giving formative tests on improving health education learning results and how much influence the giving of formative tests on improving learning results of health education in students of class X SMK Negeri Pasirian Lumajang. This type of research is an experimental research with quantitative descriptive approach and using the research design Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. The population of research are students of class X SMK Negeri Pasirian Lumajang with 10 majors and there are 3 classes in each department. Sampling using technique Multistage Random Sampling,  that is class X Accounting B with the count of 33 students as the experimental group and X Accounting C as a control group with the count of 38 students. Data analysis used in this research are mean, standard deviation, variant, normality test, homogeneity test and t test (dependent sample test and independent sample test).

The results of statistical analysis using paired samples test ,and the enhancement of health education learning outcomes in the experimental group is 30.56% and enhancementof health education learning outcomes in the control group by 16.31%, so that the  enhancement of learning result in the experimental group was higher 14,25% from the control group. Based on different test results with independent sample test ,available a significant value of 0.000 smaller than the alpha value (0.05) indicating that H1 accepted.

So it can be concluded that there is a significant effect of giving formative test to the enhancement of health education learning outcomes in class X students of SMK Negeri Pasirian Kabupaten Lumajang with the effect of 30.56%.

Keywords : Formative Tests, Learning Outcomes, Health Education

Published
2017-08-26
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 55