PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA GULING PERUT (STRADDLE) (Studi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ngelo, Cepu)

  • ALVIAN FEBI K

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani sering dianggap sebagai pendidikan untuk jasmani dan pendidikan melalui jasmani. Artinya bahwa pendidikan jasmani bukan hanya bertugas  mendidik siswa dalam perkembangan dan pertumbuhan jasmani saja, namun penanaman sikap dan nilai - nilai hidup yang benar dapat ditanamkan melalui aktivitas jasmani. Berhasil tidaknya suatu pendidikan tergantung pada pelaksanaan proses pendidikan yang baik dan terarah sesuai dengan aturan yang ada. Dalam lingkungan sekolah pastilah terdapat berbagai macam permasalahan dalam proses belajar mengajar. Di SD Negeri 1 Ngelo, Cepu, terdapat permasalahan dalam materi atletik lompat tinggi. Tidak sedikit siswa yang masih mendapat nilai kurang dari nilai ketuntasan minimal. Melalui permainan lompat tali diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh permainan lompat tali terhadap hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ngelo, Cepu. (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh permainan lompat tali terhadap hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ngelo, Cepu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa, yaitu kelompok eksperimen kelas V-B yang berjumlah 32 siswa dan kelompok kontrol kelas V-A yang berjumlah 32 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan permainan lompat tali terhadap hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ngelo, Cepu. yang dibuktikan dari hasil  10,91 > 2,052 dengan taraf signifikansi 0,05. Besarnya pengaruh adalah 10,83%.

Kata Kunci: Pendidikan jasmani, permainan, lompat tinggi.

Abstract

Physical education is often regarded as physical education and physical education. This means that physical education is not only the task of educating students in physical growth and development, but the planting of the right attitudes and values ​​of life can be instilled through physical activity. The success or failure of an education depends on the implementation of the educational process is good and directed in accordance with existing rules. In the school environment there must be various problems in the learning process. In SD Negeri 1 Ngelo, Cepu, there is a problem with the high jump athletic material. Not a few students who still score less than the minimal value of mastery. Though the jump rope game students are expected to improve high jump learning outcomes.

The purpose of this research is (1) to know the effect of jump rope game on the high jump learning style of straddle in grade V student of SD Negeri 1 Ngelo, Cepu. (2) to know the effect of jump rope game on straddle high jump learning result in grade V SD Negeri 1 Ngelo, Cepu. This research is an experimental research with quantitative approach. The sample in this study used 64 students, that is experimental group of V-B class which need 32 students and control group of V-A class with 32 students.

From the results of the study it can be concluded that there is a significant effect of the jump rope game on the high jump learning style straddle on the students of grade V SD Negeri 1 Ngelo, Cepu. As evidenced from the result t_hitung 10.91> t_ (table) 2.052 with a significance level of 0.05. The magnitude of influence is 10.83%.

Keywords: Physical education, game, high jump.

Published
2017-08-26
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 171