PENGARUH PERMAINAN SLAGBALL TERHADAP RASA PERCAYADIRI  SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI,OLAHRAGA DAN KESEHATANPADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 CERME GRESIK

  • ANDRI KURNIAWAN

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani adalah bagian dari pendidikan kesuluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani dan pembinaan hidup sehat untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental social dan emosional yang serasi, selaras dan seimbang. Ada beberapa hal yang bisaditerapkan didalam pendidikan jasmani, salah satunya melalui permainan. Melalui permainan, siswa bias meningkatkan rasa percaya dirinya karena interaksi yang berlangsung antara siswa dengan siswa lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh permainan slagball terhadap rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahragadan kesehatan pada kelas XI SMA Negeri 1 Cerme Gresik. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh permainan slagball terhadap rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas XI SMA Negeri 1 Cerme Gresik. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cerme Gresik dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 29 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket rasa percaya diri.

Hasil analisa statistic didapatkan nilaithitung-1,556  ≤ttabel 1,669 dengan Sig = 0,131 ≥ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterimadan Ha ditolak, sehingga tidak adapengaruh permainan slagball terhadap rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran PJOK  pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cerme Gresik

Kata Kunci: Permainan Slagball,  Rasa Percaya Diri Siswa         

Abstract

Physical education is part of education whilst physical activity with healthy living and coaching for the growth and development of physical, mental and emotional social harmony, aligned and balanced. There are some things that can be applied in physical education, one of them through the game. Through the game, students can improve the sense of trust him because of interactions that take place between students with other students. The purpose of this research is to 1) to know the influence of the game slagball against the confidence of students in learning of physical education of sports and health in class XI SMA Negeri 1 Cerme Gresik. 2) to know the magnitude of the influence game slagball against the confidence of students in learning of physical education of sports and health in class XI SMA Negeri 1 Cerme Gresik. The target of this research is the grade XI SMA Negeri 1 Cerme Gresik and the number of samples taken as many as 29 students. The method in this analysis uses a quantitative approach. While the data capture process is conducted using confident question form. Statistical analysis of the results obtained by the value of thitung-1.556 ≤ ttabel 1.669 with Sig = 0.131 ≥ α = 0.05 meaning indicates that H0 is accepted and Ha was rejected, so there is no influence of the game slagball against the confidence of students in learning PJOK in students of Class XI SMA Negeri 1 Cerme Gresik

Keywords: Game Slagball, The Confidence Of Students

Published
2017-08-30
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 63