SURVEI SARANA PRASARANA DAN KETERSEDIAAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG

  • DHIKY SEPTIA PUTRA PERMADI

Abstract

Abstrak

Dalam mata pelajaran PJOK sarana prasarana merupakan salah satu faktor utama penunjang keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar. Bukan hanya sarana prasarana saja namun peran guru juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Indonesia khususnya mata pelajaran PJOK. Kedua hal tersebut saling berkaitan untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sarana prasarana dan ketersediaan guru dalam bidang PJOK yang ada di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang mengambarkan suatu peristiwa secara langsung. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan PDPJOI. Dari hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: 1) untuk ketersediaan sarana prasarana, 6 sekolah yang mendapat kategori “C” , 4 sekolah yang mendapat kategori “D” dan 1 sekolah yang mendapat kategori “E”. 2) untuk ketersediaan guru, 6 sekolah yang mendapat kategori “A”, 4 sekolah yang mendapat kategori “B” , dan 1 sekolah yang mendapatkan kategori “C”. Jadi rata-rata ketersediaan sarana prasarana yang ada di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung sebesar 38% dengan kategori “D” (Kurang) dan rata-rata ketersediaan guru yang ada di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung memperoleh 79% dengan kategori “B” (Baik).

Kata kunci: Sarana prasarana, Guru

 

Abstract

 In Physical Education, Health, and Recreation class, infrastructure is one of main factor to support implementation in learning and teaching activities. Not just infrastructure but also role of the teachers is important to improve quality education in Indonesia especially Physical Education, Health, and Recreation class. Those two is related to each other for achievement of learning objectives. This research’s purpose is to know depiction of infrastructures and teachers in Physical Education, Health, and Recreation class in Public Senior High School Tulungagung Regency. It is descriptive research, a research that illustrates an event directly. Instrument in this research use PDPJOI. The results of the research is : 1) for infrastructure availability, 6 schools got “C” category, 4 schools got “D” category, and 1 schools got “E” category. 2) for teacher availibility, 6 schools got “A” category, 4 schools got “B” category, and 1 schools got “C” category. Average infrastructure availibility in Public Senior High School Tulungagung Regency is 38% with “D” category (low) and average teacher availibility in Public Senior High School Tulungagung Regency is 79% with “B” category (good).

Keywords : Infrastructure, Teacher

Published
2017-08-31
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 156