PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKTIVITAS FISIK (Studi Pada SMP Negeri 02 Wlingi Kab. Blitar)

  • FEBI ULFA RIMAYANTI

Abstract

Abstrak

Aktivitas fisik merupakan komponen penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menunjang kebugaran fisik. Aktivitas fisik yang kurang akan berdampak buruk terutama bagi  siswa yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka, siswa menjadi  mudah lelah  jika melakukan sedikit aktivitas, selain itu siswa rentan terhadap segala penyakit serta mengakibatkan resiko kegemukan (obesitas).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh teknologi informasi terhadap aktivitas fisik siswa di SMP Negeri 02 Wlingi Kab. Blitar. Total subjek penelitian ini menggunakan 620 siswa sebagai populasi dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 68 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket penggunaan teknologi informasi harian dan kartu aktivitas fisik. pengelolahan data menggunakan SPSS  for windows release 21.0.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara pengunaan teknologi informasi terhadap aktivitas fisik siswa. Rata-rata penggunaan teknologi informasi sebesar 317,50 dengan standar deviasi sebesar 72,47 sedangkan nilai terendah 120 dan nilai tertinggii 480, untuk hasil rata- rata aktivitas fisik sebesar 5370,23 dengan standar deviasi 2460,87 sedangkan nilai terendah 1233,14 dan nilai tertinggi 16342. Hasil analisis koefisien korelasi gamma sebesar -0,153 dengan nilai signifikan 0,475 > 0,05, sedangkan  hasil data koefisien determinasi dihasilkan pengaruh sebesar 2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan teknologi informasi dengan aktivitas fisik.

Kata kunci: Pengaruh, Teknologi Informasi, Aktivitas Fisik  

Abstract

Physical activity is essential component for human being which enhance humans vitality in everydays life. The lack of physical activity will give bad impact especially for students which can disrupt their daily activities. Students will easily get tired although on doing little activity, they can be susceptible on any disease, and also can cause obesity risk.

It is a descriptive quantitative research which highlighting two research problems: to know the influence of information and technology on students physical activities and how far information and technology influence their physical activities at SMP Negeri 02 Wlingi Kab. Blitar. The total subject of the research was 620 students as population and using 68 students as the sample. Data collection was done by giving questionnaire about the use of information and technology in daily activities and also using physical activities’ card. Data analysis was done by using SPSS version 21.0 for windows release.

The result of this research showed that there is no influence of using information and technology on students’ physical activities. The average proportion of the use of information and technology was 317.50 with deviation standard was 72.47. The lowest score was 120 and the highest score was 480. The average result on physical activities was 5370.23 with deviation standard 2460.87 while the lowest score was 1233.14 and the highest score was 16342. The result of correlation coefficient was -0.153 with significant value 0.475 > 0.05 while the result of data determination coefficient was 2%. It can be concluded that there was no significant influence between the use of information and technology with students’ physical activities.

Keywords: the influence, information and technology, physical activities

Published
2017-08-31
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 24