PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PART PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR LAY UP BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Taman Sidoarjo)

  • AYU ROSA SEPTIANA

Abstract

Abstrak

Materi bola basket merupakan salah satu permainan bola besar yang diajarkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ). Terdapat beberapa ketrampilan yang harus dikuasai dalam permainan bola basket yaitu dribble, passing, shooting dan lay up. Banyak kendala yang dialami saat pembelajaran bola basket dengan materi lay up dikarenakan kurangnya pemahaman peserta didik dalam tehnik lay up. Hal tersebut disebabkan karena pada saat proses pembelajaran PJOK guru tidak menjelaskan langkah demi langkah melakukan lay up, sedangkan lay up terdapat banyak langkah yang harus dilakukan dengan tepat agar bias menghasilkan sebuah gerakan yang baik. Kurangnya kreativitas dan inovasi guru PJOK dalam memilih metode pembelajaran bola basket pada materi lay up. Metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode bagian (part practice) agar peserta didik lebih memahami penjelasan setiap langkah pada saat melakukan lay up. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran part practice terhadap hasil belajar lay up bola basket pada siswa kelas VIII A di SMP N 2 Taman Sidoarjo. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran part practice terhadap hasil belajar lay up bola basket pada siswa kelas VIII A di SMP N 2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif semu dengan menggunakan desain one group pretest post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A SMP N 2 Taman Sidoarjo. Cara pengambilan data dilakukan selama 4 kali pertemuan yang terdiri dari pretest,treatment,dan  post-test.

Berdasarkan hasil penelitian metode pembelajaran part practice berpengaruh terhadap hasil belajar lay up bola basket, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji T, t hitung lay up kanan (37,38), t hitung lay up kiri (41,13) dan t tabel (2,024) dengan demikian sesuai dengan ketentuan jika t hitung lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak dan presentase pengaruh yaitu pengetahuan 28,073%, ketrampilan lay up kanan 32,14% dan lay up kiri 30,198%.

Kata Kunci : Metode part practice, lay up bola basket

Abstract

Material basketball is one big ball games that are taught in the learning of Physical Education and Health. There are some skills that must be mastered in a basketball game that dribble, passing, shooting, pivot, and lay-up. Many obstacles encountered when teaching basketball to the material lay-up due to a lack of understanding of learners in a lay-up techniques. This is because during the learning process Physical Education and Health teacher did not explain step by step process of doing lay-up, while the lay-up there are many steps that must be done properly in order to prduce a result and a lack of creativity and innovation of teachers Physical Education and Health in choosing learning methods appropriate for teaching basketball on a lay-up material. Appropriate learning methods to overcome this problem is by using part (part practice) so students can understand every step at the time of lay-up.

The purpose of this research is to know the influence of the application of part practice learning method on the results basketball lay-up based on the study of  grader student of SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. This research is a quasi-quantitative experimental research using one group pretest post-test design. The object of the experiment is student of   grader VIII A class of SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. The data are gained through pretest,treatment,dan  post-test done within 4 meetings.

Based on the result of the research, part practice learning method influenced the result of learning basketball lay up, it is proved from the result of T test, right lay up calculated t (37,38), left lay up calculated t (41,13) and t table (2.024) thus according to provisions if calculated t is greater than t table with significant level of 5% then accept Ha and reject Ho and the percentage of influence that is 28.073% knowledge, 32.14% right lay up skills and 30.198% left lay up.

Keywords: part practice learning method, basketball lay up.

Published
2017-08-31
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 77