PENGARUH VARIASI GERAK DASAR LARI, LOMPAR DAN LEMPAR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK SISWA (Pada Siswa Kelas IV SDN Made 4 Lamongan)

  • HAIDAR FERDIANSYAH A

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SD pada hakikatnya mempunyai arti dan peran yang sangat vital dan strategis dalam upaya membangun dan mengembangkan potensi individual siswa. Hal ini dapat dimengerti karena siswa usia SD adalah kelompok masyarakat yang sedang tumbuh dan berkembang yang memerlukan pembinaan dan bimbingan. Pendidikan jasmani di SD bertujuan merangsang pertumbuha, perkembangan jasmani, keterampilan gerak dan intelektual, mengingat siswa usia SD sangat menyukai aktivitas gerak. Untuk mengoptimalkan kemampuan gerak, perlu didukung dengan pembelajaran gerak dasar dalam program pendidikan jasmani yang dikemas dengan benar sesuai dengan tungkat pertumbuhan dan perkembangan siswa. Dengan memberikan variasi gerak dasar lari, lompat dan lempar diharapkan siswa lebih aktif bergerak dan meningkatkan keterampilan motorik dalam PJOK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi gerak dasar lari, lompat dan lempar terhadap peningkatan keterampilan  motorik siswa dalam PJOK pada siswa kelas IV SDN Made 4 lamongan dan untuk mengetahui besarnya pengaruh pada penelitian ini, sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan kelas IV B dengan jumlah siswa 53 siswa, yang terdiri dari 27 siswa laki – laki dan 26 siswa perempuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain one group pretest – posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ada pengaruh yang signifikan dari penerapan variasi gerak dasar lari, lompat dan lempar terhadap peningkatan kketerampilan motorik siswa dalam PJOK pada siswa kelas IV SDN Made 4 Lamongan. Hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan prosentase peningkatan variasi gerak dasar lari, lompat dan lempar terhadap peningkatan keterampilan motorik siswa, untuk prosentase pada kelincahan 0,2%, pada koordinasi 0,5%, pada keseimbangan 0,6% dan pada kecepatan 0,3%. 

Kata Kunci: Keterampilan motorik, Gerak dasar.

Abstract

The physical of education, sport and  health in elementary school basically encompass important  role in effort of building and developing student’s potential . It shows from the indicator of students in elementary grade is a typical of people that having a golden age to grow and develop, therefore they need an assistance. This education is purposed to initiate the development of student physical and movement skill. In order to maximize the movement skill, education basic skill is needed. Therefore, education of physical is being package properly based on the development level on each students. It can be inferred into presenting some varieties in basic activities such as running, jumping, and  throwing  in which it is purposed to motivate the students will be more active and enchant the skill in PJOK. The goal of this research is to know the impact of implementing some variation in basic action such as running, jumping , and throwing toward the skill of students in PJOK for students in IV grade Made 4 lamongan. It is also being purposed to find out the amount of impact for this research. The subject of this research is the students in class IV A and IV  B with the total of students is around 53. They are consists of 27 male and 26 female. The type of this research is false experiment with quantitative exposure and group pretest- posttest design. The result of this research is there is a significant impact from the implementation of variation  from basic action such as running, jumping, and  throwing toward the enhancement of movements skill in PJOK for the students in IV SDN Made 4 Lamongan.  It is from the result of the presentation from the enhancement variation of basic movements such as running , jumping , and throwing  toward movement skill of the students. The result is for  agility 0,2%, for  coordination 0,5%,  balance 0,6% and for the speed 0,3%. 

Keywords : Motor skills, Fundamental.

Published
2017-09-07
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 227