PENGARUH MEDIA KARDUS TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Bibis 113 Surabaya)

  • M.DWIKY RAMADAN

Abstract

Abstrak

Tugas guru dalam rangka optimalisasi proses pembelajaran adalah sebagai fasilitator yang mampu mengembangkan kondisi belajar yang inovatif agar tercipta susana belajar yang menyenangkan bagi siswa. Untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif tentunya guru harus mempunyai terobosan-terobosan baru seperti media. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, guru diharapkan mengajarkan berbagai keterampilan gerak dasar dalam permainan dan olahraga, nilai-nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, dan lain-lain, serta pembiasaan pola hidup sehat.

Media kardus merupakan media dengan menggunakan sebuah karton yang berbentuk kardus indomie yang bisa di gunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran lompat jauh. Penggunaan media ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok serta memudahkan proses pembelajaran khususnya dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar dan besar pengaruh media kardus terhadap pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SDN Bibis 113 Surabaya tahun ajaran 2016-2017.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berjenis pre experimental yang difokuskan pada One Group Pre-test Post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar evaluasi pre-test dan post-test. Dianalisis menggunakan rumus rerata dan uji signifikansi.             

Hasil penelitian menunjukkan penerapan media kardus berjalan lancar dan dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan juga mengalami peningkatan, dari jumlah rerata 6,3  menjadi 9,5. Hal ini juga terbukti berdasarkan penghitungan uji-t terlihat bahwa nilai ttabel pada uji t-test for Equality of Means dengan taraf signifikan kedua kelas tersebut 1,697. Untuk data pre-test dan post-test nilai kritis t untuk taraf nyata 0,05 dan df = 35 adalah 29,076 dan 39,346. Dimana 1,697 ≤ 29,076 dan 39,346 atau ttabel ≤ thitung, maka H0 ditolak sehingga H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil pre test dan post test siswa dalam penerapan media kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok di kelas V.

Kata kunci: Media, kardus, hasil belajar, lompat jauh,gaya jongkok.

Abstract

The task of the teacher in order to optimize the learning process is as a facilitator who is able to develop innovative learning conditions in order to create susana learning fun for students. To create an innovative learning course, teachers must have new breakthroughs such as the media.. In the learning process of physical education, teachers are expected to teach a variety of basic movement skills in games and sports, the values of sportsmanship, honesty, cooperation, etc., as well as habituation healthy lifestyle.

Cardboard media is a medium by using a cardboard box-shaped indomie that can be used as a tool in learning long jump. The use of this medium is expected to improve student learning outcomes in learning style long jump squat and facilitate the learning process, especially in the field of physical education and sports health. This study aims to find out the results of a large study and cardboard media to influence learning style long jump squat fourth grade students of SDN Bibis 113 Surabaya 2016-2017 school year. This research is a type of experiments that focused on the pre-experimental one group pre-test post-test design. Data collection techniques used observation and tests. The instrument used in the form of teacher activity sheets and student observation, evaluation sheets pre-test and post-test. Analyzed using the average formula and test of significance. The results suggest the application of cardboard media to run smoothly and can motivate students in learning the long jump squat style. Learning outcomes before and after implementation also increased, from a mean number of 6.3 to 9.5. It is also proved by the t-test calculation shows that the value ttabel the t-test for Equality of Means with a significant level of these two classes 1,697. For the data pre-test and post-test critical value of t for the real level of 0.05 and df = 35 is 29 076 and 39 346. Where 1.697 ≤ 29.076 and 39.346 or ttabel≤ thitung, then H0 is rejected and H1 accepted. So, it can be concluded that there are differences in the average results of the pre test and post test students in the application of cardboard media on learning outcomes in the long jump squat style in fourth class.

Keywords             : Media, cardboard, learning outcomes, long jump, squat style.

Published
2017-09-14
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 370