PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo)

  • MUHAMMAD RIZAL BASTOMI

Abstract

Abstrak

Renang gaya dada merupakan renang yang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Metode pembelajaran media audio visual adalah metode pembelajaran yang mengkombinasikan audio dan visual atau bisa disebut media pandang-dengar. Audio visual akan dijadikan  penyajian bahan ajar kepada siswa semakin lengkap dan optimal. Sebab, penyajian materi diberikan media auido visual, dan guru bisa menjadi fasilitator belajar, yaitu memberikan kemudahan bagi para siswa untuk belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian media audio visual terhadap hasil belajar renang gaya dada studi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain one group pre-test post-test design. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII-H di SMP Negeri 3 Sidoarjo, sejumlah 36 siswa. Cara pengambilan data dilakukan selama 4 kali pertemuan yang terdiri dari pretest, treatment, dan posttest.

Berdasarkan hasil penelitian pemberian media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar renang gaya dada, hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata pretest adalah 34,75 sedangkan rata-rata posttest adalah 56,21 dan nilai t-hitung sebesar 7,679 dengan signifikansi 0,00. Nilai t-tabel pada signifikansi α = 0,05 adalah 1,6896. Dari penjelasan diatas diketahui bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (t h> t t). Oleh karena t-hitung lebih besar dari t-tabel (7,679>1,6896), maka hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo dinyatakan diterima dengan peningkatan sebesar 61,85% terhadap hasil belajar reang gaya dada.

Kata kunci: Renang Gaya Dada, Media Audio visual,  Hasil  Belajar.

Abstract

Swimming breaststroke is the most popular swimming pool for recreation. The position of the body and the head can be out of water for a long time. Our body movements imitate the movement of frogs are swimming that called of frog style.

The Audio visual media learning method is a learning method that combines audio and visual or can be called the media view-listening. Audio visual will serve as the presentation of teaching materials to students more complete and optimal. Therefore, the presentation of  material is replaced by the media, and the teacher can become a facilitator of learning, which makes it easy for students to learn.

The purpose of this study is to determine the effect of giving audio visual media to the learning result of chest pool in the study of class VIII students in SMP Negeri 3 Sidoarjo. This research is a quasi-experimental research using one group pre-test post-test design. The selected object is the students of class VIII-H in SMP Negeri 3 Sidoarjo. Method of data retrieval is done during fou times meeting which consist of pretest, treatment, and posttest.

Based on the results of the study of audio visual media effect on the learning results of breaststroke pool, this evidenced from the average pretest result is 34.75 while the average posttest is 56.21 and the t-count value of 7.679 with significance 0.00. The t-table value at significance α = 0.05 is 1.6896. From the above explanation note that the value of t-count is greater than the value of t-table (t h> t t). Because t count is bigger than t-table (7,679> 1,6896), hence hypothesis expressing influence of audio visual media to learning result of chest pool at student of class VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo stated accepted with increase equal to 61,85 % of the learning results of breaststroke reagents.

Keywords: Breaststroke Style, Audio Visual Media, Learning Result.

Published
2017-12-18
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 414