PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI (Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sidoarjo)

  • GANIS PRASONGKO SEPRIANTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani adalah bagian dari pendidikan yang mengutamakan aktivitas jasmani dan rohani yang sehat untuk pertumbuhan dan perkembanganan jasmani, mental, serta emosional yang sepadan dan seimbang. Guru sebagai pendidik berkewajiban membimbing para siswa dengan cara  memberikan pengetahuan dan memfasilitasi proses pembelajaran berlangsung secara kreatif dan sistematik Untuk itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapa t mengembangkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas X SMAN 1 Sidoarjo.

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas X SMAN 1 Sidoarjo, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 36 siswa. jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni  dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain randomized control group pre test – post test design.

Bersdasarkan hasil analisis SPSS 20.0 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli dibuktikan dengan Thitung 22,6025 > Ttabel 1,99444 dengan taraf signifikansi  0,00 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diteima, sedangkan besar pengaruh 24,50 %.

Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe NHT, Hasil belajar, Passing bawah bolavoli.

Abstract

Physical education is part of education that focuses on a physical activitiy and spiritual activity to improveng and grow physical, mental, and emotional in balance. Teachers as educators are obliged to guide the students by providing knowledge and facilitate the learning process creatively and systematically.  Therefore, it is necessary a learning model that can develop student learning outcomes using cooperative learning model type Numbered Head Together (NHT) on tenth graders students of SMAN 1 Sidoarjo.

This study aims to determine whether there is influence of cooperative learning model type Numbered Head Together (NHT) to the learning outcomes of volleyball underhand pass and to find out how much the coperative learning model type Numbered Head Together (NHT) influences the volleyball underhand pass learning of tenth graders students of SMAN 1 Sidoarjo, with 36 students as sample. This research is true experiment research, while the approach is quantitative and the design is randomized control group pre test - post test design.

Based on the result of 20.0 SPSS analysis, it can be concluded that there is a significant influence of cooperative learning model type Numbered Head Together (NHT) toward volleyball underhand pass learning, proved from Tcount 22,6025 > Ttable 1,99444 with significant value of  0,00 < 0,05  means that H0 was rejected and Ha is accepted with influence value to 24,50%.

Keywords: Cooperative learning type NHT, Learning outcomes, Volleyball  Underhand Pass.

Published
2017-12-18
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 52