PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR GULING BELAKANG (Studi Pada Siswa Kelas VII  SMPN 2 Buduran Sidoarjo)

  • SONY HARSONO

Abstract

Abstrak

Penjasorkes merupakan bagian dari kurikulum yang diberikan pada tingkat sekolah dasar (SD) sampai pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Salah satu jenis aktivitas penjas adalah senam lantai. Untuk tingkat SMP kelas VII tertera di RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) indikatornya siswa menejelaskan rangkaian gerak guling belakang dengan benar. Berdasarkan pengalaman PPP ( Progam Pengelolaan Pembelajaran) penulis menemukan bahwa siswa  SMPN 2 Sidoarjo tidak pernah diberikan pembelajaran guling belakang. oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian tentang berjudul adalah “Pengaruh Metode Demonstrasi  Terhadap Hasil Belajar Guling Belakang Kaki Tekuk”. penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi  penelitian ini seluruh siswa kelas VII  SMPN 2 Sidoarjo dengan besar populasi 320  dengan cara Cluster Random Sampling sehingga yang terpilih sebagai sampel adalah kelas VII C dan dibagi 2 group kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan cara ordinal pairing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapatnya pengaruh metode demonstrasi terhadap pembelajaran guling belakang yang signifikan karena pada uji Independent Samples Test 0,043 < 0,05. Dan dibuktikan dengan kelokmpok eksperimen terdapat peningkatan sebesar (49,65%) dengan rata-rata pretes (30,8083) dan posttest (45,2083).

Kata Kunci: Metode demonstrasi,hasil belajar dan guling belakang

Abstract

Penjasorkes is part of the curriculum which is given at the elementary level (SD) level to high school level (SMA). One type of its activity is gymnastics. For Junior High School grade VII listed in RPP (Learning Implementation Plan) the indicator of student’s explanation about series of backward rolling movement correctly.

Based on the experience of PPP (Learning Management Program), the writer found that the students of SMPN 2 Sidoarjo have never been given the back-bump learning. Therefore, the authors are interested in doing research about it with a title is "Influence Demonstration Method on Learning Results Back Belly Foot Bend". The method of this research is experimental research with quantitative approach. The population in this study is, all students of class VII SMPN 2 Sidoarjo with a large population of 320 students. By wy of cluster random samplimg so that the selected as a is sample class VII C and divided into 2 groups of experimental groups and control groups by ordinal pairing.

The results of this study showed that there was influence of demonstrasion method toward the result of backward-rolling between control group and experimental group, because of the result of Independent Samples Test test 0,043 <0.05. and the experimental group had an increase of (49.65%) evidenced by the pretest average (30,8083) and posttest (45,2083).

Keywords: Methods of demonstration, learning outcomes and backward roll

Published
2017-12-18
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 255