PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONALTERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI PADA SDN PELEM II KECAMATAN KERTOSONO, KABUPATEN NGANJUK)

  • ANGGARA EFFENDI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, ketrampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. Namun banyak kita jumpai bahwasanya banyak guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang mengajar secara monoton kepada siswa dalam pembelajaran karena terbatasnya sarana dan prasarana, sehingga minat siswa pada pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan cenderung menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas V  SDN Pelem II Kecamatan Kertosono,  Kabupaten Nganjuk. 2) Mengetahui besarnya Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas V SDN Pelem II Kecamatan Kertosono,  Kabupaten Nganjuk. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pelem II Kec. Kertosono Kab. Nganjuk dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 21 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket skala likert. Hasil analisa statistik didapatkan thitung sebesar 8,744 ≥ ttabel 1,721 dengan Sig = 0,000 ≤ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas V  SDN Pelem II Kecamatan Kertosono,  Kabupaten Nganjuk. Besarnya pengaruh penerapan permainan Tradisional terhadap minat siswa dalam pembelajaran PJOK sebesar 11 %.

Kata Kunci: Permainan Tradisional, Minat Belajar Siswa           

Abstract

Physical education, sports and health is essentially an integral part of the education system as a whole, aims to develop aspects of health, physical fitness, critical thinking skills, emotional stability, social skills, reasoning and moral action through physical activity and sport. But many of us have encountered that many teachers of physical education, sport, health and monotonous teaching to students in learning because of the limited facilities and infrastructure, so the interest of students in physical education lessons, sports, and health tends to decline. The purpose of this research is 1) To know the Effect Application of Traditional Games interest In Learning Following Physical Education, Sport and Health in Class V SDN Pelem II Subdistrict Kertosono, Nganjuk. 2) Determine the amount of Influence Application of Traditional Games interest In Learning Following Physical Education, Sport and Health in Class V SDN Pelem II Subdistrict Kertosono, Nganjuk. Goal of this research is a class V student of SDN Pelem II Subdistrict Kertosono, Nganjuk and the number of samples taken as many as 21 students. The method in this analysis using quantitative descriptive statistical methods. While the process of data collection is done by using a Likert scale questionnaire. Statistical analysis values obtained tcount 8,744 ≤ ttable 1,721 with Sig = 0,000 ≥ α = 0.05, indicating that H0 is accepted and Ha rejected, so there Effect Application of Traditional Games interest In Learning Following Physical Education, Sport and Health in Class V SDN Pelem II Subdistrict Kertosono, Nganjuk. The magnitude of the effect of applying a traditional game to interest students in learning physical education, sport and health by 11%.

Keywords: Traditional Game, Interest of Student Learning

Published
2017-12-18
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 627