PENGARUH PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SEPAK TAKRAW SEPAK SILA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi pada Siswa Kelas V SDN Perak Utara 1/58 Surabaya)

  • NIKEN RAHAYU WIDODO

Abstract

Abstrak

PJOK memiliki peranan yang sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang dilakukan dengan sistimatis. Salah satu materi pada mata pelajaran PJOK adalah sepak takraw, khususnya sepak sila. Motivasi belajar adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi tindakan atau perilaku untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai tujuan. Dalam suatu proses belajar sangat dibutuhkan motivasi yang tinggi kepada siswa karena motivasi belajar sangat menentukan terhadap hasil belajar siswa. Motivasi juga dapat berasal dari dalam diri sendiri dan dari luar. Apabila dalam proses pembelajaran siswa memiliki motivasi yang tinggi tujuan belajarĀ  akan tercapai secara maksimal dan sebaliknya jika motivasi belajar siswa rendah maka tujuan belajar akan tidak maksimal hasilnya. Modifikasi merupakan pendekatan yang mempertimbangkan tahap-tahap perkembangan dan karakteristik siswa, sehingga siswa akan mengikuti PJOK dengan senang dan gembira. Cara ini dimaksudkan untuk menuntun, mengarahkan, dan mendidik peserta didik yang awalnya tidak bisa menjadi bisa, yang awalnya kurang terampil menjadi lebih terampil. Tujuan penelitian ini adalah 1. Pengaruh penerapan modifikasi permainan sepak takraw sepak sila terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas V SDN Perak Utara 1/58 Surabaya, 2. Besarnya pengaruh penerapan modifikasi permainan sepak takraw sepak sila terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas V SDN Perak Utara 1/58 Surabaya. Ada Pengaruh Penerapan Modifikasi Permainan Sepak Takraw Sepak Sila Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas V SDN Perak Utara 1/58 Surabaya, nilai T-hitung (10,164) lebih besar dari T-tabel (1,721) dengan besarnya peningkatan adalah sebesar 18,34%.

Kata Kunci: Daya tahan kardiorespirasi, Siswa perokok dan tidak perokok.

Abstract

The development of science requires teachers to play a creative and innovative role so that where a learning objective is delivered correctly and correctly. So authur want to apply a teaching tool in the form of Audio Visual Media. Success in learning Under Hand pass and Under Hand Serve Bolavoli can be seen from the results of student learning is produced through the process of pre test and post test psychomotor aspects. The type of research used is quasi-experiment with quantitative descriptive approach. The sample technique used is purposive random sampling. The subjects of this study are the students of class X IPA-4 as the experimental group of 28 students and the students. From the results of general research that can be concluded that during the 4 treatments, using psychomotor aspects of learning outcomes used at the time of pre test and post test obtained From the results of research students class X has average value Mean mean pre test learning outcomes Influence Audio Visual Media Against Ability Under Hand Pass Volleyball is 56,11, with standard deviation of pre test 5,94, lowest value 50, highest value 69. For mean post test mean learning outcomes Under Hand Pass Volleyball is 73,43, with standard deviation of post test 9,41, lowest value 63, highest score 100. From these results obtained an increase of 30,87%. Whereas Mean Mean Pre Test Learning Outcomes The Influence of Audio Visual Media To The Ability Of Hand Serve Volleyball is 68,75, with standard deviation of pre test 10,48, lowest value 56, highest value 94. For mean post test mean learning result of Under Hand Serve Volleyball is 73,43, with standard deviation of post test 9,41, lowest value 63, highest value 100. From these results obtained an increase of 6,80%.

Keywords: Audio Visual, Under Hand Pass and Under Hand Serve Volleyball.

Published
2017-12-30
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 94