PENGARUH PERMAINAN BOLA BAKAR TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V SDN BABATAN 1 SURABAYA

  • CIPTO APRI WIDIYANTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani adalah bagian dari pendidikan secara keseluruhan yang membuat anak-anak melakukan aktivitas fisik sekaligus mendapatkan pendidikan karena di dalam pendidikan jasmani, anak bisa secara langsung merasakan manfaat dari aktivitas yang ada seperti mengembangkan potensi fisik, mengoptimalisasikan gerak dasar dan juga mengembangkan karakter diantaranya hormat kepada sesama anak, pantang menyerah, jujur, suka menolong, empati terhadap sesama, bekerja sama, sportif, dan percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh permainan bola bakar terhadap rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas V SDN Babatan 1 Surabaya. 2) Mengetahui besarnya pengaruh permainan bola bakar terhadap rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas V SDN Babatan 1 Surabaya. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Babatan 1 Surabaya dan sampel yang diambil sebanyak 77 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket rasa percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan bola bakar terhadap rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas V SDN Babatan 1 Surabaya. Hal tersebut dibuktikan dari nilai thitung 7,897 ≥ ttabel 1,645 dengan Sig = 0,000 ≤ 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan prosentase peningkatan sebesar 0,37%.

Kata Kunci: Permainan Bola Bakar, Rasa Percaya Diri Siswa

Abstract

Physical education is the part of education that make children do physical activity also and educated at the same time because in physical education, a child automaticaly feels the benefits from the activity such as developing physical potention, optimizing basic motion and character development such as peer respect cooperation, perseverance, honesty, solidarity, empathy, cooperation, sportmanship, and confidence. The purpose of this research are : 1) To find out the impact of bola bakar game toward student’s self confidence in learning physical education, sport and health at grade V SDN Babatan 1 Surabaya. 2) To the calculate impact of bola bakar game toward student’s self confidence in learning physical education, sport and health at grade V SDN Babatan 1 Surabaya. The target for this research are students grade V SDN Babatan 1 Surabaya and the samples taken as much as 77 students. The method from this research is quantitative approach whilst data is taken using self confidence questionnaire. Based on the result of this research it can be concluded that there is an influence of bola bakar game to the student’s self confidence in learning physical education, sport and health at grade V SDN Babatan 1 Surabaya. This is evident in the value of tcount 7.897 ≥ ttable 1.645 with Sig = 0.000 ≤ 0.05 which means that Ha is accepted and Ho is rejected with a percentage of increase of 0.37%.

Keyword : Bola Bakar Game, Students Self Confidence.

Published
2018-01-11
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 1311