PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SOFTBALL TERHADAP KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 SURABAYA

  • OBAJA PANDU WICAKSONO

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan bertujuan untuk membangun kerjasama, disiplin, dan sikap sportif melalui permainan dan olahraga dalam pembelajaran. Namun pada kenyataannya siswa cenderung individual ketika pembelajaran PJOK disebabkan kurangnya variasi materi dan model pembelajaran yang menarik. Salah satu permainan yang memiliki nilai kerjasama yaitu permainan softball, tetapi untuk mendapatkan lapangan dan peralatan yang sesuai standar merupakan hal yang sulit, rumitnya aturan permainan juga menjadi kendala untuk itu perlu dilakukan modifikasi. Melalui permainan softball yang dimodifikasi diharapkan dapat meningkatkan nilai kerjasama siswa dalam pembelajaran PJOK.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh modifikasi permainan softball terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. 2) Mengetahui besarnya pengaruh penerapan modifikasi permainan softball terhadap kerjasama siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 20 Surabaya dengan jumlah 34 siswa.

Disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pada penerapan modifikasi permainan softball terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya, hal ini dibuktikan dari hasil analisis statistik bahwa nilai thitung  -0,364  ≤  ttabel 1,697 dengan Sig = 0,718 ≥ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Modifikasi, Softball, Kerjasama Siswa 

Abstract

Physical Education, Sport and Health aims to build cooperation, discipline, and sportmanship through games and sports in learning. In reality, however, students tend to be individual when learning Physical Education due to the lack of interesting material and learning models. One game that has the value of cooperation is softball game, but to get the field and equipment that fit the standards is difficult, the complicated rules of the game is also a constraint. So, it needs to be modified. Modified softball game is expected to increase the value of student cooperation in Physical Education learning.

The purpose of this study are 1) find out the effect of a modification softball game on the students cooperation in physical education, sports and health teaching and learning the second grade students of Junior High School 20 Surabaya. 2) determine how in big is the influence of the modified implementation of softball game on the students cooperation in teaching and learning physical education, sports and health in the second grade students of Junior High School 20 Surabaya. The sample of this research is students of class VIII D SMP Negeri 20 Surabaya with the number of 34 students.

It is concluded that there is no effect on the application of modified softball game on the students cooperation in physical education, sports, and health on students of class VIII SMP Negeri 20 Surabaya, it is proved from the statistical analysis that the value of tcount -0.364 ≤ ttable 1.697 with Sig = 0.718 ≥ α = 0.05 which means that H0 is accepted and Ha is rejected.

Keywords: Modification, Softball, Student Cooperation

Published
2018-01-11
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 343