PENGARUH VARIASI LATIHAN SERVE ATAS DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL KETRAMPILAN SERVE ATAS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 3 MOJOKERTO

  • RAGA PRIYANDANA

Abstract

Abstrak

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah dengan tugas memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai pelajar, menyalurkan minat dan bakat serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya. Dalam permainan bola voli terdapat 2 macam jenis servis atas yaitu, servis float, jump serve. Pada ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 3 Mojokerto servis atas yang di gunakan adalah servis atas biasa, belum menggunakan servis atas float dan jump serve. Jadi kemampuan peserta ekstrakurikuler mengenai servis atas bola voli terbatas sehingga pada saat pertandingan, servis yang dilakukan mudah di antisipasi lawan, padahal servis adalah serangan pertama yang bertujuan untuk mematikan lawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi latihan servis atas dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar keterampilan atas pada peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Mojokerto. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi latihan servis atas dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar keterampilan bolavoli pada peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Mojokerto. Jenis penelitian yang gunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan perserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 3 Mojokerto, berjumlah 30 peserta yang terdiri dari 18 peserta putra dan 12 peserta putri. Perhitungan data dilakukan dengan menggunakan program (IBM) Statistical Package for The Social Science (SPSS) versi 21. Penguraian hasil penelitian tentang pengaruh variasi latihan serve atas dengan metode tutor sebaya terhadap hasil keterampilan serve atas pada peserta ekstrakurikuler SMA Nergeri 3 Mojokerto. Dari analisis data serve float putra, diperoleh hasil peningkatan nilai test sebanyak 13 peserta dari 18 peserta ekstrakurikuler yang mengikuti penelitian, dengan prosentase rata-rata sebesar 9,24%, sedangkan untuk serve float putri diperoleh hasil peningkatan nilai test sebanyak 8 peserta dari 12 peserta ekstrakurikuler yang mengikuti penelitian , dengan prosentase rata-rata sebesar 8,64%. Sedangkan untuk hasil data jump serve putra, diperoleh hasil peningkatan nilai test sebanyak 11 peserta dari 18 peserta ekstrakurikuler yang mengikuti penelitian, dengan prosentase rata-rata sebesar 7,89%, sedangkan untuk jump serve putri diperoleh hasil peningkatan nilai test sebanyak 3 peserta dari 12 peserta ekstrakurikuler yang mengikuti penelitian, dengan prosentase rata-rata sebesar 2,44%.

Kata Kunci : Servis, Float servis, Jump servis,

Abstract

Extracurricular are those that fall outside the realm of the normal curriculum of school and sometimes held on school holidays. It purposes are in order to advance the student’s knowledge, to know the good relation among students, to express and distributes passions or talents, and also completing the efforts of the whole human founding. There are two main types of serve in volleyball, such as float serve and jump serve. The volleyball game on SMA Negeri 3 Mojokerto often use just an ordinary serve, still not yet practicing use float or jump serve. So that why the capability of students about good serve are limited only ordinary serve, so that serve can easily anticipate by the opposing team, whereas serve is the first attack to against the opposing team. The research aimed to know the effect of variation in float serve practice with peer tutor method on the result of volleyball skill on extracurricular participants in SMA Negeri 3 Mojokerto, and also to determine how the effect is significant or not. The type of research which writer used is pseudo-experimental with quantitative descriptive approach. The population in this research is the entire participant of volleyball extracurricular on SMA Negeri 3 Mojokerto, total 30 participants consist of 18 male participants and 12 female participants. The data calculation is done by using the technology of the program (IBM) Statistical Package for The Social Science (SPSS) version 21. The results of the effect of variation in float serve practice with peer tutor method on the result of volleyball skill on extracurricular participants in SMA Negeri 3 Mojokerto. From the data analysis of serving float male, obtained the result of the test score increase as much as 13 participants from 18 extracurricular participants who followed the research, with the average percentage of 9.24%, while for serve float female obtained the result of the test score increase as many as 8 participants from 12 participants Extracurricular study, with an average percentage of 8.64%. While for the result of data serving jump male, obtained the result of the test score increase as much as 11 participants from 18 extracurricular participants who followed the research, with the average percentage of 7.89%, while for jump serve princess obtained the result of the test score increase as many as 3 participants from 12 participants Extracurricular study, with an average percentage of 2.44%.

Keywords : serve, float serve, jump serve

Published
2018-01-18
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 17