ANALISIS DAMPAK AKTIVITAS OLAHRAGA TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU ANDROGINI PADA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • MUHAMMAD RIFKI SODAQTA

Abstract

Abstrak

Pada saat ini aktivitas olahraga tidak hanya diminati oleh laki-laki saja  tetapi juga wanita. Tidak sedikit kaum wanita yang banyak mengukir prestasi dalam bidang olahraga karena tidak dapat dipungkiri pada saat ini kedudukan antara laki-laki dan wanita hampir setara apalagi semenjak munculnya julukan emansipasi pada kaum wanita, olahraga yang biasanya dilakukan oleh kaum laki-laki sekarang ini dapat juga dilakukan oleh kaum wanita.

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui dampak aktivitas olahraga terhadap kecenderungan perilaku androgini pada mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sasaran dari penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya angkatan 2015-2016 dan sampel yang diambil sebanyak 20 mahasiswi. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket Bem Sex Role Inventory dan wawancara.

Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas olahraga memiliki dampak terhadap kecenderungan perilaku Androgini pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya, yang dapat dilihat dari kesimpulan data, 5 dari 6 informan menyatakan faktor yang mempengaruhi perilaku androgini adalah Olahraga.

Kata Kunci: Aktivitas Olahraga, Androgini

Abstract

At this time sports activities are not only interested by men but also women. Not a few women who make a lot of achievements in the field of sports because it can not be denied at this time the position between men and women is almost equivalent especially since the emergence of emancipation in women, sports are usually done by men today can also be done by woman. Activity on the tendency of androgynous behavior in female students of Faculty of Sport Science. The target of this research is student of Faculty of Sport Science of state university of  Surabaya class of 2015-2016 and sample taken as many as 20 female students. The method used from  this research using  qualitative. While the data collection process is done by using questionnaire Bem Sex Role Inventory and  interview.

Based on the results of research that has been implemented, it can be concluded that sports activities have an impact on the tendency of Androgyny behavior on the students of the Faculty of Sport Science Universitas Negeri Surabaya, which can be seen from the data analysis 5 of 6 informants stated the factors that affect is Sports.

Keywords : Sports Activity, Androgyny.

Published
2018-01-24
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 649