EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TOLAK PELURU KELAS VII MENGGUNAKAN MEDIA BOLA PLASTIK (Studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Surabaya)

  • RESTU WISNU P

Abstract

Abstrak

Kualitas pembelajaran memiliki banyak kriteria yang harus dipenuhi salah satunya adalah sarana dan prasarana. Sarana merupakan salah satu penunjang untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Banyak sekolah yang masih memiliki keterbatasan sarana. Pengunaaan media yang ada disekitar adalah salah satu jalan keluar pengganti sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian yang dilakukan ini mengetahui keefektivan pembelajaran menggunakan media bola plastik.

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kefektivitan penggunaan media bola plastik sebagai pengganti media pada siswa kelas VII I yang dapat diukur dengan (1) pendapat siswa (FCE), (2) observasi, (3) penilaian tes tolak peluru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen One Group  Pre-test Post-test Desain. Sampel yang digunakan adalah kelas VII I yang berjumlah 34 siswa.

Hasil penelitian diperoleh keefektivan dengaan menggunakan media bola plastik pada pembelajaran tolak peluru cukup efektif. Hal ini dibuktikan dari tiga instrumen yang digunakan sebagai berikut: (1) efektivitas pembelajaran tolak peluru berdasarkan pendapat siswa (FCE), menunjukkan hasil dengan kategori baik. (2) efektivitas pembelajaran tolak peluru berdasarkan observasi (lembar dikjasor), menunjukkan hasil dengan kategori baik (3) efektivitas pembelajaran tolak peluru berdasarkan ketuntasan belajar meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan menunjukkan hasil yang cukup. Ketuntasan hasil belajar pembelajaran tolak peluru menggunakan media bola plastik memberikan peningkatan sebesar 13,4%. Hasil uji beda rata-rata untuk sampel nilai t hitung mutu gerakan tolak peluru sebesar 19,486 > nilai t tabel 1,695, sedangkan t hitung prestasi lemparan  sebesar 3,81 > nilai t tabel 1.695 dan untuk nilai t hitung pengetahuan sebesar 2,698 > 1,699.

Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Media Bola Plastik

Abstract

The quality of learning has many criteria must be completed, one of which is facilities and infrastructure. Facilities means one of support to improve the quality of the learning process. Meny schools are still have limited facilities. Use of media around is one way out  substitute facilities to improve the quality learning. The research was conducted to determine the effectiveness of learning shot put by using plastic ball media.

The purpose of this research is to know about the effectiveness of learning shot put by using plastic ball as substitute media of class VII I students that can measured by (1) student’s opiion  (FCE), (2) observation, (3) assement test discus. This research is quantitative research wih One Group Pre-test Post-test experiment design. There are sample by using student of class VII I which amounted 37 students.

The result of the research was obtained by using plastic ball media on bullet-resistant learning quite effectively. This is evidenced by the three instruments used as follows: (1) the effectiveness of the learning of bullets based on student opinions (FCE), showing results with good category. (2) the effectiveness of the learning of shot-balled by observation (sheet dikjasor), showing the result with good category (3) the effectiveness of learning to hit the bullet based on learning completeness including attitude, knowledge, and skill showed enough result. Complete learning outcomes of learning hit ball beats using plastic ball media provides an increase of 13.4%. The result of average difference test for t value sample is 19,486> t table value t value 1,695, while t count achievement of 3.81> t value of table 1,695 and for t value of knowledge count 2,698> 1,699.

Keywods: Efektivines of Learning, Plastic Ball Media

Published
2018-02-05
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 310