PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING SEPAK BOLA (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lamongan)

  • NUR HADY FALAH PAMBUDI

Abstract

Abstrak

Sesuai observasi dan wawancara di SMAN 1 Lamongan, guru pendidikan jasmani mengatakan bahwa siswanya kurang aspek kerjasama dan berdasarkan pengamatan peneliti saat guru pendidikan jasmani saat mengajar, peneliti melihat peserta didik kurang semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbandingan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dengan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar menggiring sepak bola. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen murni (true experiment) dengan pendekatan kuantitatif.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini terdapat kelompok kontrol, adanya perlakuan, subjek ditempatkan secara acak dan adanya pre-test dan post-test untuk efektivitas perlakuan yang diberikan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lamongan. sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 siswa.

Cara memperoleh data dengan cara melakukan pre-test, perlakuan dan post-test yang dilakukan 4 kali pertemuan. Berdasarkan perhitungan SPSS Statistic 22 test dengan ketentuan penguji jika nilai signifikansi dari nilai hitung, thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan jika nilai signifikansi dari nilai thitung < ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil tersebut diperoleh nilai thitung > ttabel (4,805 > 2,034) dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji T-Test Sampel Berbeda, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari hasil tes setelah pemberian treatment dengan nilai presentase sebesar 52,47%. Sedangkan pada kelompok kontrol dengan treatment pembelajaran langsung memiliki nilai presentase sebesar 33,31%. Jika dibandingkan keduanya memiliki selisih nilai presentase sebesar 19,16%. Jadi, kelompok eksperimen dengan treatment Student Teams Achivement Division (STAD) perbandingan  presentase lebih besar daripada pembelajaran langsung  pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lamongan.

Kata Kunci : Kooperatif, Student Teams Achivement Division (STAD) dan Pembelajaran Langsung, Belajar, Menggiring

Abstract

Based on observation and interview at SMAN 1 Lamongan, physical education teacher said that his stridens are lack of teamwork aspect and based on the analysis of the researcher, when the physical education teacher is teaeching, the researcher saw that the students are lack of enthusiasm and active in learningthe physical education subject. The purpose of this study is to now the Comparison of Cooperative Learning Model with The Type of Student Teams Achievement Division (STAD) and Direct Learning towards the Learning result of dribbling in football. This type of this study is using true experiment with quantitative approach.

The research design that being used in this study is a Randomized Control Group Pre-test – Post-test Design. In this design, there are control group, the existence of treatment, randomly placed subject, and the existence of pre-test for the effectiveness of the given treatment. The population in this study is all of the students of XI class of SMAN 1 Lamongan. While, the sample of this research is the IPS student of XI class that consist of 38 students.

The researcher collects the data by giving treatment, pre-test, and also post-test along fourth meetings. Based on the SPSS Statistic 22 test with the requirement from examiner, if the significant score of tcount is more than ttable with the significant level 5% or 0.05, it can be seen that Ha is accepted and Ho is rejected. While if the significant score of tcount is less than ttable with the significant level 5% or 0.05, so Ho is accepted and Ha is rejected. Based on this result, it is obtained that the score of tcount >ttable (4.805>2.034) with the significant level 5% or 0.05. Based on the decision that is taken from t-test with different sample, it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. It means there is significant influence from the result of the test by giving treatment for the experimental group. Its percentage is about 52.47%. While the control group is about 33.31%. If the both group are compared, they have different percentage around 19.16%. Thus, the experiment group with treatment of Student Teams Achievement Division (STAD) has a bigger percentage value rather than direct learning in the students of XI IPS 2 class of SMAN 1 Lamongan.

Keywords: Cooperative, Student Teams Achivement Division (STAD) and Direct Learning, Learning, Dribble

Published
2018-02-28
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 95