Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Antara Siswa Yang Aktif Berolahraga Dengan Status Perokok Aktif Dan Bukan Perokok (Studi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo)

  • Eka Ayus Hediati Jl. FIK Unesa S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Olahraga pada dasarnya merupakan bagian yang sangat penting untuk mencapai kehidupan yang sehat dan bugar. Di lingkungan sekolah, kebugaran jasmani siswa di terapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Rekreasi (PJOK). Kebugaran jasmani pada siswa sangat berpengaruh terhadap konsentrasi/hasil belajar siswa sedangkan aktivitas merokok dapat mempengaruhi kebugaran jasmani siswa maka dari itu peneliti ingin mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa yang aktif berolahraga dengan status perokok aktif dan bukan perokok.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo. Sampel penelitian diambil menggunakan multistage random sampling, setelah itu masuk pada tahap proposive sampling dan quota random sampling yang terpilih menjadi sampel penelitian sebanyak 30 siswa perokok aktif yang aktif berolahraga dan 30 siswa bukan perokok yang aktif berolahraga.Dari hasil analisis data penelitian dengan menggunakan uji t didapatkan nilai P value (0,538) >∝ (0.05). Maka Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada tingkat kebugaran jasmani antara siswa yang aktif berolahraga dengan status perokok aktif dan bukan perokok pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo. Penyebab tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang aktif berolahraga dengan status perokok aktif dan bukan perokok adalah latihan fisik yang relatif sama.

Kata kunci: Kebugaran jasmani, siswa perokok aktif yang aktif berolahraga, siswa bukan perokok yang aktif berolaharaga.

Abstract

Exercise is basically a very important part to achieve a healthy and fit life. In the school environment, students' physical fitness are applied in the subjects of Physical Education, Sport and Recreation (PJOK). Physical fitness in students is very influential on the concentration / learning outcomes of students while smoking activity can affect physical fitness of students therefore the researcher wants to know the difference in physical fitness levels between students who actively exercise with the status of active smokers and nonsmokers.The research design used was non experimental research with quantitative approach. The population in this research was all XI classes of SMK Negeri 1 Sidoarjo. The sample was taken using multistage random sampling, after entering the stage of proposive sampling and quota random sampling, the sample selected in this research were as many as 30 students active smokers who actively exercise and 30 non-smokers who actively exercise as well.From the research data analysis by using t test got value of P value (0,538)> α (0.05). Thus, Ha is rejected and Ho is accepted, so it can be concluded that there is no significant difference in the level of physical fitness between students who actively exercise with the status of active smokers and non-smokers in XI grade students of SMK Negeri 1 Sidoarjo. The cause of no significant difference between students who actively exercise with the status of active smokers and non-smokers is a relatively equal physical exercise.

Keywords: physical fitness, active-smoker students who actively exercise, non-smoker students who actively exercise.

Published
2018-04-17
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 10