PENGARUH ALAT BANTU SWIM BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA (Studi Pada Siswa Kelas X SMAN 4 Sidoarjo)

  • DEA MAYANG RAMADHAN

Abstract

ABSTRAK

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah, terdiri dari beberapa ruang lingkup materi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), salah satunya adalah aktivitas fisik melalui rangkaian renang. Dalam renang sendiri terdapat empat gaya, salah satu diantaranya adalah gaya dada. Gaya dada merupakan gaya yang paling ringan karena keseluruhan badan berada di dalam air dan terdapat daya apung alami yang menjaga agar tubuh tetap mengapung. Pernapasan dilakukan ketika gerakan tangan di dalam air diikuti kepala yang naik untuk mengambil nafas setelah satu kali gerakan kaki. Dalam renang terdapat beberapa alat bantu sebagai penunjang untuk memperbaiki teknik renang, salah satunya adalah swim board. Swim board diharapkan mampu membantu perenang agar teknik berenang yang diajarkan menghasilkan teknik renang yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat bantu swim board terhadap hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo dan untuk mengetahui besarnya pengaruh alat bantu swim board terhadap hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-3 SMAN 4 Sidoarjo dengan jumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pemberian alat bantu swim board berpengaruh terhadap hasil belajar renang gaya dada, hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata pretest keterampilan yaitu 46,32 dan posttest keterampilan adalah 77,72. Sedangkan rata-rata pretest pengetahuan adalah 45,29 dan posttest pengetahuan adalah 66,32. Oleh karena itu hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh alat bantu swim board terhadap hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo dapat diterima dengan peningkatan pada nilai keterampilan sebesar 68% dan peningkatan pada nilai pengetahuan sebesar 46,43%.

Kata Kunci: Renang Gaya Dada, Swim board, Hasil Belajar.

ABSTRACT

Regulation of the Minister of Education and Culture No. 21 of 2016 on the basic content of basic and secondary education, consists of several scopes of Physical, Sports, and Health (PJOK) material, one of which is physical activity through swimming activities. In the swim itself there are four styles, one of them is breaststroke style. Breaststroke style is the easiest style because the whole body is in the water and there is a natural buoyancy that keeps the body afloat. Breathing is done when the hand movements in the water followed by the rising of the head to take a breath after one leg movement. In swimming, there are several tools as a support for improving swimming techniques, one of them is a swim board. The swim board is expected to help the swimmer to teach the swimming technique that produces good swimming technique. The purpose of this research is to know the influence of the use of swimming aids to the breaststroke swimming style learning result on the tenth class students of the fourth state senior high school of sidoarjo and to know the effect of the swimming aids on the breaststroke swimming style learning result on the tenth class students of the fourth state senior high school of sidoarjo. The sample of this research is students of class X MIPA-3 of the state senior high school of Sidoarjo with total 35 students. Based on the results of the study, the provision of swim board aids is affecting the learning results of breaststroke style, this is evidenced from the average pretest of skills that is 46.32 and skill posttest is 77.72. While the average pretest of knowledge is 45.29 and the knowledge posttest is 66.32. Therefore, the hypothesis that said there is influence of swim board aids on learning result of chest pool at grade X student of SMAN 4 Sidoarjo can be accepted with increase in value of skill equal to 68% and increase in value of knowledge equal to 46,43%.

Keyword: Breaststoke swimming style, Swimming board, Learning result.
Published
2018-05-23
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 133