PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KETERAMPILAN PASSING SEPAKBOLA (STUDI PADA SISWA KELAS VII SMP GIKI 2 SURABAYA)

  • FAZAR ARIANTO

Abstract

Abstrak

Passing sepakbola adalah seni memindahkan momentum bola daripemain. Passing yang dilakukan dengan ketepatan tinggi dengan akurasi yang benar, akan mampu menciptakan peluang dan membangun strategi dan penyerangan.Semua dapat tercapai ketika teknik dasar sepakbola sudah dipahami dan dikuasai.Model Pembelajaran TGT Team Games Turnament adalah model pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang meiliki kemampuan, jenis kelamin, atau ras yang berbeda-beda. Model pembelajaran ini tidak hanya membuat siswa rileks akan tetapi juga dapat membuat siswa bertanggung jawab, bekerjasama, serta bersaing secara sehat.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap keterampilan passing sepakbola pada siswa kelas VII SMP GIKI 2 Surabaya.2) Mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap keterampilan passing sepakbola pada siswa kelas VII SMP GIKI 2 Surabaya.Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) berpengaruh terhadap hasil keterampilan passing sepakbola. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP GIKI 2 Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 41 siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji t nilai signifikan pada nilai thitung-7,935 ≥2,09302 ttabel dengan Sig = 0,000 ≤ 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Team Games Tournament) terhadap keterampilan passing sepakbola sebesar 51,15 %.

Kata Kunci: Passing sepakbola, TGT(Team Games Tournament)

Abstract

Passing is the art of ball’s movement momentum. High speed passing with great accuracy will make a good opportunity to score and also build a good offense. All of the purposes can be achieved if the players mastered the football technique.Cooperative learning model type TGT (team games tournament) is a model of learning in groups that have different abilitiest, gender, or race. This learning model is not just to make student relax but it can make student more responsibility, make a good teamwork and be fair. Based on the results of reseach, cooperative learning model type TGT (team games tournament) effected on football passing skills.The research purposes are to know the effect of the team games tournament cooperative learning model to football passing skills and to know how much the effect percentage at 7th grade students GIKI 2 Junior High School Surabaya’s passing skills.This learning model is not just to make student relax but it can make student more responsibility, make a good teamwork and fair. The subject of this research are 41 students of 7th grade GIKI 2 Junior High School Surabaya. The type of this research is experimental research with a quantitative approach. The result shows that tcount -7,935 ≥2,09302 ttable, with Sig = 0,000 ≤ 0,05,which means that Ha is accepted. It means that there is significant effect of the team games tournament cooperative learning model to football passing skills at 51,15 %.

Keywords: Football passing, TGT(Team Games Tournament)






Published
2018-05-23
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 192