PENERAPAN PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI SEBAGAI OPTIMALISASI LANGKAH PEMBELAJARAN DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK (Studi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sidoarjo)

  • ANDANA DRIPTIANO

Abstract

Abstrak

Media audio visual merupakan kombinasi dari media audio dan media visual atau bisa disebut media pandang-dengar. Media audio visual akan menjadikan penyajian bahan ajar kepada siswa semakin lengkap dan optimal. Selain itu, media ini dalam batasan-batasan tertentu dapat juga menggantikan peran dan tugas guru sebagai fasilitator belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui perbedaan passing bawah bolavoli setelah penerapan media audio visual, 2. Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan passing bawah bolavoli setelah penerapan media audio visual pada siswa SMK Negeri 1 Sidoarjo. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian one group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 siswa, yaitu siswa SMK Negeri 1 Sidoarjokelas X. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penerapan media audio visual terhadap passing bawah bolavoli pada (Studi pada siswa SMK Negeri 1 Sidoarjo) yang dibuktikan dari hasil 10,07 > 8,33 dengan taraf signifikansi 3,473. Besarnya perbedaan adalah 12,84%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan passing bawah bolavoli pada siswa SMK Negeri 1 Sidoarjo setelah diberikan treatment dengan menggunakan media audio visual.

Kata kunci: Media audio visual

Abstract

Audio visual media is a combination of audio media and visual media or can be called the media view-listening. Audio visual media will make the presentation of teaching materials to students more complete and optimal. In addition, this media within certain limits may also replace the role and duties of the teacher as a learning facilitator. The purpose of this research is 1. To know the difference passing under bolavoli after application of audio visual media, 2. To know how big difference passing under bolavoli after applying audio-visual media at student of SMK Negeri 1 Sidoarjo. The method of this research is quasi-experimental research with quantitative approach, one group pretest-posttest design . The population in this study amounted to 37 students, namely students of SMK Negeri 1 Sidoarjo class X. From the research results can be concluded that there are significant differences in the application of audio visual media to passing under the bolavoli on (Study on students of SMK Negeri 1 Sidoarjo) which is evidenced from the results of 10.07> 8.33 with a significance level of 3,473. The magnitude of the difference is 12.84%. From the data it can be concluded that there is a difference passing under bolavoli on students of SMK Negeri 1 Sidoarjo after being given treatment by using audio-visual media.

Keywords : Audio-visual media

Published
2018-05-23
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 284