PERBANDINGAN PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA AJAR (Pada Mahasiswa Prodi S1 PJKR FIK UNESA Jurusan SMA IPA dan IPS Angkatan 2014)

  • Tri Septi Nengah Reni

Abstract

Abstrak


Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan yang berhubungan dengan aktifitas fisik, olahraga dan penanaman nilai-nilai sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa, maka salah satu perlunya teknologi informasi dengan tujuan difokuskan pada peningkatan kualitas pembelajaran. Selain itu, teknologi informasi dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti ekonomi, politik, sosial, pendidikan, olahraga, dll. Dibidang pendidikan khususnya pembelajaran , teknologi informasi sangat dibutuhkan untk menyampaikan materi pembelajaran kepada mahasiswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan penguasaan teknologi informasi untuk mengembangkan media ajar pada mahasiswa Prodi S1 PJKR FIK UNESA berdasarkan jurusan saat SMA, (2) untuk mengetahui mahasiswa Prod S1 PJKR FIK UNESA jurusan saat SMA mana yang lebih baik dalam penguasaan teknologi informasi untuk mengembangkan media ajar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi S1 PJKR FIK UNESA Angkatan 2014, dengan jumlah populasi sebanyak 114 yang terdiri dari jurusan SMA IPA dan IPS. Instrumen yan digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner angket penguasaan teknologi informasi.

Dari hasil analisis data penelitian dengan menggunakan uji t didapatkan nilai P value (0,535) > ∝ (0,05). Maka Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada perbandingan penguasaan teknologi informasi untuk mengembangkan media ajar pada mahasiswa Prodi S1 PJKR FIK UNESA Jurusan SMA IPA dan IPS Angkatan 2014. Penyebab tidak ada perbedaan yang signifikan pada SMA Jurusan IPA dan IPS.

Kata Kunci: Penguasaan teknologi Informasi, media ajar


Abstrack

Physical educations is a procces of educations related to the physical activity, sports and cultivations of social values ​​ to improve physical fitness, to improved the quality educations of physical education, so that the learning objectives can be delivered to the students, then one of the necessity information technology with the purpose focus on improving the quality of learning Other than, information technology can be utilized in such as areas economics, politics, social, education, sports, etc. in a sector of education, especially learning, information technology is be required to deliver learning materials to students.

The object of this study is (1) to know the difference in the mastery of information technology to develop the teaching media on the students Prodi S1 ​​PJKR FIK UNESA based on the current high school, (2) to know the students of S1 PJKR FIK UNESA department in high school which is better in the mastery of information technology to develop teaching media.

The type of study used is non experimental studied with quantitative approach, population in this study to all students of S1 Program PJKR FIK UNESA 2014 generation, with a population of 114 consisting of high school IPA and IPS. with a population of 114 consisting of high school IPA and IPS. instrument used in this study is to use questionnaire questionnaire mastery of information technology.

From result of research data analysis by using t-test got value of P Value (0,535)> (0,05). Then Ha rejected and H0 accepted, so it can be concluded there is not significant in the comparison of the mastery of informations technology to developed media teaching. On the student of S1 program PJKR FIK UNESA department on IPA and IPS 2014 generation. Cause there are not significant difference in high school department on IPA and IPS.

Keywords: mastery of information technology, teaching media

Published
2018-05-23
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 24