Penerapan Metode Bagian (Part Method) Terhadap Hasil Belajar Round Off Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Sidoarjo

  • AMALIA FAUZIAH NURUN NUBUWAH

Abstract

Abstrak

Round Off adalah gerakan berkelanjutan dari gerakan meroda yang posisi kakinya merapat diatas dan mendarat dengan kedua kaki bersamaan. Metode bagian merupakan bentuk latihan keterampilan yang dilakukan secara bagian per bagian dari keterampilan yang dipelajari. Bentuk keterampilan yang dipelajari dipilah-pilah ke dalam bentuk gerakan yang lebih mudah dan sederhana. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh penerapan metode bagian (part-method) terhadap hasil belajar round off pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo. 2) seberapa besar pengaruh penerapan metode bagian (part-method) terhadap hasil belajar round off pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan penerapan metode bagian (part method) terhadap hasil belajar round off pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo. 2) untuk mengetahui seberapa besar penerapan metode bagian (part method) terhadap hasil belajar round off pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo dengan jumlah sampel dari kelas XI TGB 1 diambil sebanyak 30 siswa dan XI TKR 2 dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 24 siswa. Berdasarkan hasil analisa statistik didapatkan nilai round off yaitu Uji T kelompok berbeda pre test memiliki nilai t 0,432 dengan nilai signifikan 0,668, dan untuk Uji T kelompok berbeda post test memiliki nilai t 9,737 dengan nilai signifikan 0,016 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga ada pengaruh penerapan metode bagian (part method) terhadap hasil belajar round off pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Kata kunci: metode bagian, round off

Abstract

Round Off is a movement of the merda movement which is the tip of the foot and leg with both legs together. The section method is a form of skill practice performed part-by-part of the learned skill. The skill forms studied are sorted into simpler and simpler movements. The formulation of the problem of this research is 1) is there any influence of part-method application to the learning result of round off on the students of class XI SMK Negeri 1 Sidoarjo? 2) how much influence the application of part-method to the learning result of round off on the students of class XI SMK Negeri 1 Sidoarjo? The purpose of this study is to 1) knowing the increase application of part method the results of learning Round Off studies in class XI SMK Negeri 1 Sidoarjo 2) And find out how much application of part method the results of learning Round Off studies in class XI SMK Negeri 1 Sidoarjo. The target of this research is the students of class XI SMK Negeri 1 Sidoarjo with the number of samples from class XI TGB 1 taken as many as 30 students and XI TKR 2 with the number of samples taken as many as 24 students. Based on the results of statistical analysis got the value of the round off that T test different groups of pre-test has a value of 0.432 t with a significant value of 0.668, and for Test T group different post test has a value of t 9.737 with significant value 0.016 which means that H0 is accepted and Ha rejected, so there is influence of the application of part method (part method) to the results of learning round off on students of class XI SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Keywords: part method, round off






Published
2018-05-23
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 244