PERBANDINGAN PENGUASAAN KOMPETENSI MATAKULIAH PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH ANTARA MAHASISWA LULUSAN SMA JURUSAN IPA DAN IPS (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2016 Prodi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi)

  • ANITA DYAH ANGGRAENI

Abstract

Abstrak

Pendidikan kesehatan merupakan salah satu materi dalam kompetensi dasar yang selalu diajarkan dalam setiap jenjang pendidikan. Mahasiswa Prodi S1 PJKR didominasi oleh mahasiswa lulusan SMA jurusan IPA dan IPS yang sama-sama menempuh matakuliah pendidikan kesehatan sekolah.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan penguasaan kompetensi matakuliah pendidikan kesehatan sekolah antara mahasiswa lulusan SMA jurusan IPA dan IPS. Metode penelitian ini menggunakan penelitian non-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini 71 mahasiswa yang terdiri atas 34 mahasiswa lulusan SMA jurusan IPA dan 37 mahasiswa lulusan SMA jurusan IPS. Instrumen penelitian menggunakan angket yang berada dalam google form yang terdiri atas 49 soal dimana hasil dari penelitan dianalisis menggunakan SPSS. Teknik pengumpulan data dengan melaksanakan pengisian angket dalam google form. Hasil data yang diperoleh dipisahkan dengan kategori lulusan SMA jurusan IPA dan jurusan IPS, kemudian dianalisis dengan SPSS. Hasil analisis angket dari penguasaan kompetensi matakuliah pendidikan kesehatan sekolah terdapat perbedaan yang dibuktikan dengan siq (0,001) lebih kecil dari α (0,05) dan HI diterima. Lulusan SMA jurusan IPA memiliki penguasaan kompetensi matakuliah pendidikan kesehatan lebih baik dengan rata-rata (55,28) dari lulusan SMA jurusan IPS dengan rata-rata (46,55). Selain itu didapatkan nilai median mahasiswa lulusan SMA jurusan IPA yaitu 56,12 dan mahasiswa lulusan SMA jurusan IPS yaitu 4,93, standar deviasi mahasiswa lulusan SMA jurusan IPA yaitu 10,45 dan mahasiswa lulusan SMA jurusan IPS yaitu 10,82, serta nilai minimal-maksimal mahasiswa lulusan SMA jurusan IPA yaitu 24,49-77,55 sedangkan nilai minimal-maksimal mahasiswa lulusan SMA jurusan IPS yaitu 16,33-65,31.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya perbedaan yang signifikan dalam penguasaan kompetensi matakuliah pendidikan kesehatan sekolah antara mahasiswa lulusan SMA jurusan IPA dan mahasiswa lulusan SMA jurusan IPS, dimana mahasiswa lulusan SMA jurusan IPA memiliki kompetensi lebih baik (24,49-77,55) daripada mahasiswa lulusan SMA jurusan IPS (16,33-65,31).

Kata kunci: kompetensi, lulusan IPA dan IPS, pendidikan kesehatan

Abstract

Physical education is one of the materials in core competence in which always been taught in every education level. PJKR Program students are dominated by high school graduates of science and social majors that both take the school physical education course. The aim of this study is to find out the differences of competence mastery in the school physical education course among students who graduate from science and social majors.The method of this study is non-experimental research with quantitative approach. Total of the sample is 71 program students based on 34 science graduates adn 37 social graduates. The research instrument is 49 items quetionnaire by Google Form which analyzed by SPSS.The data is collected by filling the Google Form at the same time to avoid the respondents’ cheating. The results of the data are separated by two categorieswhich are science graduates category and social graduates category. The result shows that science graduates students has better performance in mastering the school physical education course competence mastery with average (55,28) than social graduates with (46,55). It is proven by by siq (0,001) less than α (0,05) and HI exactly accepted. Besides, the median score of science graduates is 56.12 and the social graduates is 4.93, the standard deviation of science graduates is 10.45 and social graduates is 10.82, and the minimum - maximum value of science graduates is 24,49-77,55 while the minimum-maximal value of social graduates is 16.33-65,31.

Conclusion of this research is that was significant separated by two categories which are science graduates category and social graduates category, however the science graduates category has better performance (24,49-77,55) than social graduates category (16,33-65,31).

Keywords: Competence, Science and social major graduates, physical education

Published
2018-05-23
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 76