Pengaruh Media Audio Visual Dan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Pada Siswa Kelas X Multimedia 3 Dan X Multimedia 2 SMK Yapalis Krian

  • DIMAS ARY ANANDA

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan suatu alat dan teknik yang digunakan oleh guru sebagai perantara dalam berkomunikasi untuk memudahkan menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran kepada siswa. Dalam pembelajaran PJOK khususnya materi dribbling sepakbola, agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan maksimal oleh siswa, maka guru harus dapat memanfaatkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti menerapkan media audio visual dan powerpoint agar dapat meningkatkan hasil belajar dribbling dalam sepakbola. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian esperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Yapalis Krian. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster sampling dan kelas X Multimedia 3 dengan jumlah 36 siswa dan X Multimedia 2 dengan jumlah 39 siswa terpilih menjadi sampel dalam penelitian. Adapun hasil penelitian yaitu pada uji t nilai signifikan pada t hitung (0,00) < t tabel (0,05) berarti Ha dapat diterima dan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap penggunaan media audio visual dan powerpoint terhadap hasil belajar dribbling sepakbola di SMK Yapalis Krian. Besarnya presentase peningkatan pada hasil belajar dribbling sepakbola kelas X Multimedia 3 sebesar 19,9 % dan pada kelas X Multimedia 2 sebesar 14 %. Dari hasil perhitungan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual dan powerpoint terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada siswa kelas X Multimedia 3 dan X Multimedia 2 di SMK Yapalis Krian.

Kata Kunci : Audio visual, powerpoint, dribbling sepakbola.

Abstract

Learning media is a tool and technique used by the teacher as an intermediary in communicating to facilitate convey information in the learning process to students. In learning Sports Physical Education and Health especially dribbling football topic presented can be received well and maximally by students, then the teacher must can take advantage of learning media that can improve student learning outcomes. Researchers apply audio visual and powerpoint media in order to improve learning outcomes dribbling in football.The type of research used is quasi-experimental research with quantitative approach. The population in this study is all students of class X SMK Yapalis Krian. Sample in this study was taken using cluster sampling technique and class X Multimedia 3 with number 36 students and X Multimedia 2 with number 39 students were selected to be sampled in the study.The result of the research is the t-test significant value on t count (0,00) < t table (0,05) means Ha is acceptable and there is significant effect to the use of audio visual media and powerpoint to learning result dribbling football at SMK Yapalis Krian. The magnitude increase percentage of learning outcomes dribbling football class X Multimedia 3 of 19,9 % and in class X Multimedia 2 of 14 %. From the above calculation results can be concluded that there is effect the use of audio visual media and powerpoint against the results learning dribbling football on class X students Multimedia 3 and X Multimedia 2 in SMK Yapalis Krian.

Keywords : Audio visual, powerpoint, dribbling of football.
Published
2018-05-25
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 142