PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA 3 SMK NEGERI 12 SURABAYA

  • ARIS MUNANDAR

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang memiliki fungsi dan peranan dalam peningkatan kemampuan peserta didik baik dari kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Pada pembelajaran Chest Pass bola basket seorang guru memberikan pembelajaran yang sulit diterima peserta didik, sehingga hasil belajar belum bisa tercapai. Penerapan penggunaan media pembelajaran dapat dijadikan salah satu cara efektif untuk meningkatkan hasil belajar Chest Pass bola basket.

Dari hasil analisis perhitungan Kolmogorov-Smirnov -0,251b asymp sig kompetensi keterampilan untuk kompetensi pengetahuan tidak ada pengaruh dilihat dari hasil 0,802 > 0,05 maka dari itu dapat dikatakan Ha ditolak Ho diterima yang berarti bahwa tidak ada perbedaan atau pengaruh yang signifikan dan dari hasil perhitungan Wilcoxon Z adalah Pre-Test dan Post-Test kompetensi keterampilan -14,488b terdapat pengaruh dilihat dari hasil nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji Sample T-Test, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Dan dengan Peresentase dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh penggunaan media bola voli terhadap Chest Pass bola basket dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X jurusan Multimedia 3 yaitu sebesar 2,271 untuk kompetensi pengetahuan dan sebesar 65,41 untuk kompetensi keterampilan.

Kata Kunci : Penggunaan media bola voli terhadap Chest Pass.

Abstract

Physical Education, Sport and Health is a subject that has a function and a role in improving the ability of learners both knowledge and skill competencies. Chest Pass on learning basketball a teacher giving lessons difficult to accept learners, so that the study results can not be achieved. Application of the use of instructional media can be one effective way to improve learning outcomes Chest Pass basketball.

From the analysis of the calculation of the Kolmogorov-Smirnov -0,251b asymp sig competency skills to competence knowledge there was no effect seen from the 0.802> 0.05 and therefore can be said Ha Ho accepted rejected, which means that there is no difference or a significant influence and results Wilcoxon calculation Z is a Pre-Test and Post-Test -14,488b skill competencies are seen from the influence of the Sig (2-tailed) 0.000 <0.05 then the appropriate basis for a decision in Test Sample T-Test, it can be concluded Ho rejected and Ha accepted, which means that there is a significant effect. And with Peresentase it is known that the effect of media usage Chest Pass volleyball to basketball in PJOK learning in class X 3 Multimedia department amounting 2.271 for knowledge and competence of 65.41 for competency skills.

Keywords : The effect of media usage Chest Pass volleyball.

Published
2018-05-25
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 25