Pengaruh Permainan Modifikasi Bola Basket Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V MI NU Tropodo Waru Sidoarjo

  • WAHYU RAMADHANA

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) merupakan kelompok mata pelajaran yang diajarkan dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah atau kejuruan melalui aktifitas fisik. Penerapan pembelajaran yang kurang menarik akan menjadi kesalahan yang berlanjut apabila tidak dibetulkan dapat mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran permainan bolabasket.Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Mengetahui pengaruh permainan modifikasi bola basket terhadap minat belajar siswa kelas V MI NU Tropodo Waru Sidoarjo dalam pembelajaran bola basket. 2) Mengetahui peningkatan minat belajar setelah diberikan permainan modifikasi bola basket siswa kelas V MI NU Tropodo Waru Sidoarjo. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB MI NU Tropodo Waru Sidoarjo sejumlah 29 Siswa.Metode penelitian ini adalah, menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian one grub pre-test,perlakuan dan post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB MI NU Tropodo Waru Sidoarjo sejumlah 29 Siswa. penelitian ini dilakukan pada tanggal 24 februari sampai 10 maret 2018 yang dilaksanakan selama 2 kali tatap muka.Analisis data dalam penelitian ini dapat di jelaskan sebagai berikut, Rata-rata= pre-test 54,24 dan post-test 58,13, Standar Deviasi= pre-test 6,271 dan post-test 4,845, Varian= pre-test 39,333 dan post-test 23,480, Nilai Minumum= pre-test 33 dan post-test 47, Nilai Maksimum= pre-test 63 dan post-test 67, dengan peningkatan sebesar -7,17%.Disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pada permainan modifikasi bola basket terhadap minat belajar siswa kelas V MI NU Tropodo Waru Sidoarjo hal ini dibuktikan dari hasil analisis statistik bahwanilai thitung -2,881 ≤ ttabel 1,699 dengan Sig = 0,009 ≥ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Modifikasi, Bola Basket, Minat Belajar

Abstract

Physical educatioan, Sports and Health is subject group that teached from elementary education until senior education or vacational through physical activity. Application learning that uninterest will makes mistake and will continued and if not corrected will influences student interest in baskelball learning.The purpose of this reasearch is 1) To know the influences of game basketball modification of interest to learn student V grade MI NU Tropodo Waru Sidoarjo in basketball learning. 2) to know the enhancement of interest to learn of game basketball modification of interest to learn student V grade MI NU Tropodo Waru Sidoarjo. This research sample is 29 students V grade MI NU Tropodo Waru Sidoarjo.Medhod of this research used a kind pseudo-experiment reaearch, with research design one group Pre-test, treatment and post-test. The sampelof this research is student VB grade in MI NU Tropodo Waru Sidoarjo as much as 29 students. This research is taken on 24th februari until 10th march 2018 that held during two meetings.The data analize of this research can be explain, Mean= pre-tset 54,24 and post-test 58,13. Deviation standard+ pre-test 6,271 and post-test 4,845. Varian= pre-test 39,333 and post-test 23,480. Minimum value= pre-test 33 and post-test 47, maximum value+ pre-test 63 and post-test 67, with enhancement -7,17%.Coclusion of this research is there is no influences of game basketball modification of interest to learn student V grade MI NU Tropodo Waru Sidoarjo has been proved from statistical abalysis result that value Tcount -2,881 ≤ Ttable 1,699 with Sig = 0,009 ≥ α = 0,05 it show that H0 accepted and Ha rejected.

Keywords: Modofication, Basketball, Interest to learn.






Published
2018-05-25
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 333