Penerapan Small Side Games Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surabaya)

  • PUPUT SITI FATIMAH

Abstract

Abstrak

Small Side Games didesain dalam bentuk model pembelajaran dimana siswa dihadapkan pada situasi yang hampir sama dengan permainan sebenarnya, dan siswa diharapkan bisa mengambil keputusan secara cepat dan tepat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam Shooting sepak bola. Model pembelajaran Small Side games dapat dilakukan di area terbuka tempat bermain, taman dan tidak harus menggunakan lapangan sepak bola yang sebenarnya. Tanpa menggunakan lapangan yang sebenarnya model ini juga dapat dirancang dengan berbagai variasi, bisa menambah atau mengurangi bola atau pemain yang ada di lapangan. Small Side games diharapkan mampu membuat siswa semakin cepat dalam bereaksi dan perkenaan bola lebih banyak, misalnya setelah menerima umpan, siswa diharapkan bisa memberikan umpan kepada rekan satu timnya dengan cepat dan tepat, karena arena lapangan yang kecil dan pembatasan sentuhan terhadap bola lebih banyak, maka ruang gerak semakin sempit. Hal ini akan membuat siswa bereaksi cepat agar bola tidak dapat direbut oleh lawan dan ini diharapkan berpengaruh baik bagi kemampuan siswa tersebut.Dari data pre test kelompok eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 60,40 dengan standar deviasi sebesar 5,63, sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh rata-rata sebesar 54,90 dengan standar deviasi sebesar 5,04.Dari data post test kelompok eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 70,82 dengan standar deviasi 4,54, sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh rata-rata sebesar 52,77 dengan standar deviasi sebesar 3,97.Untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar shooting sepak bola pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model small Side games dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan dilakukan T-Test independent sample sebagai uji beda. Kriteria pengujiannya adalah jika p value < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan jika p value > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai p value (0,000) dengan taraf signifikan 0,05 yang bermakna bahwa nilai p value lebih kecil daripada 0,05.Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen, yang berarti hipotesis yang diajukan H0 ditolak dan Ha diterima.Dari hasil penghitungan diperoleh peningkatan hasil belajar penerapan model small Side games pada kelompok eksperimen sebesar 8,40%,sedangkan untuk kelompok kontrol sebesar 5,65%.Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa penerapan model small Side games pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan penerapan model small Side games memiliki peningkatan yang lebih signifikan dari pada hasil belajar shooting sepak bola pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan penerapan model small Side games.

Kata Kunci: Small Side Games,Shooting Sepak Bola.

Abstract

Small Side Game is designed into a form of learning model where students have to face the situation which is almost the same with the real game situation. Also, students are expected to be able to make a quick and proper decision, thus, students could improve their shooting skills. Small Side game learning model can be done in an open area, such as park and it does not have to use the real football field. Without using the football field, this learning model can be designed with many variations, such as adding or reducing the ball or player in the field. Small Side Gameis expected to make students react quickly in receiving and giving feed to their friends. Since, the field is small and the touch restriction of the ball becomes more, thus it makes the space becomes narrower. This will make students react quickly, so that the ball will not be seized by the opponent.The average from the experimental group pre test results is 60,40 with the standard deviation5,63, while for the control group is 54,90 with the standard deviation 5,04. The average from the experimental group post test results is 70,82with the standard deviation4,54, whereas the control group is 52,77 with the standard deviation3,97.To see whether there is a significant impact or not on learning shooting outcomes to the experimental group that given small side game treatment with the control group that is not given the treatment. The testing criteria is if p value< 0,05 that H0 rejected and Ha accepted, while if p value> 0,05 that H0 accepted and Ha rejected. The results of the hypothesis testing to the experimental group showed that p value (0,000) with significant level 0,05 which means that p value is smaller than 0,05. Thus, there is a significant impact on the experimental group which means the hypothesis proposed H0 rejected and Ha accepted.From the obtained calculation there is a 8,40% improvement of the learning outcomes using Small Side Game to the experimental group, while 5,65% for the control group. According to the testing results, it can be concluded that the use of Small Side Game to the experimental group has a significant improvement rather than the control group that is not given Small Side Game treatment. ,

Keyword: Small side games, Football Shooting.



Published
2018-05-30
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 276