PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MANDIRI BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH BULUTANGKIS

  • ALI FAHMI

Abstract

Abstrak

Pendidikan adalah hidup, pendidikan adalah segala pengalaman belajar secara berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu. Sedangkan dalam Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pada Bab I Pasal 1 menyebutkan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mandiri berstruktur terhadap hasil belajar Smash Bulutangkis pada siswa kelas XI SMAN 1 Torjun dan untuk mengetahui berapa besar sumbangan metode pembelajaran mandiri berstruktur terhadapa hasil belajar Smash Bulu Tangkis pada siswa kelas XI SMAN 1 Torjun. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Torjun Kab. Sampang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif (eksperimen). Instrumen penelitian ini menggunakan real test. Analisa yang digunakan adalah Kolmogorov-smirnov test.Berdasarkan perhitungan data melalui uji Kolmogorov-smirnov test didapatkan hasil nilai alpha sebesar 0.660, sehingga apabila dibandingkan dengan alpha 0.05 (0.660>0.05), diyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan metode pembelajaran mandiri berstruktur terhadap hasil belajar smash bulutangkis. Analisis lebih lanjut juga membuktikan besar pengaruh yaitu sebesar 57.59%.

Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Smash.

Abstrack

Educatiion is living. There are experience of studies in every aspect education is self-growing this lift. When, in Undang-Undang Republic of Indonesia No. 20 in year’s 2003 abaut Sistem Pendidikan Nasional in Bab 1 Pasal 1 said education was consious and planned effort to was realizing the studies atmosphere and process that student can be actived to developed self potencial. It was have strong spiritual, self omitional, personality, intelligency and good behavior to indonesian. The goal in this research to get impact and value of application smash badminton with learning by self-structure methods in XI class of SMAN 1 Torjun. The object in this research was students XI class of SMAN r Torjun Kab. Sampang. The methods was quantities descriptive or experiments. Intrument in this research was using real test. This analysis was using kolmogorov-smirnov test.The results of kolmogorov-smirnov test get alpha value 0.660, while be compared alpha 0.05 (0.660>0.05), indicated Ha be accepted and Ho be rejected. So, there was different impact of application smash badminton with learning by self-structure methods. The further analysis was proved to impact 57.59%.

Keywords : self-structure methods, results, smash.

Published
2018-06-05
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 30