Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual (Video) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah dan Passing Atas Bolavoli (Pada Siswa Kelas XI di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya)

  • NURFANI

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan dan informasi. Media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Media audiovisual merupakan salah satu media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media ini digunakan karena mempunyai kemampuan lebih yaitu menggunakan dua indera secara bersamaan, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan sehingga dapat mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya media pembelajaran audiovisual (video) terhadap hasil belajar passing bawah dan passing atas bolavoli pada siswa kelas XI SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 33 anak. Pengambilan data dengan cara menggunakan tes pengetahuan berupa 20 soal objektif dan tes keterampilan passing bawah dan passing atas bolavoli. Hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh yang signifikan dengan hasil uji t menunjukkan bahwa aspek pengetahuan adalah 4.972 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05, berarti ada pengaruh yang signifikan. Aspek keterampilan passing bawah 5.033 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05, berarti ada pengaruh yang signifikan. Aspek keterampilan passing atas 5.510 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05. Peningkatan pada aspek pengetahuan sebesar 16 %, keterampilan passing bawah sebesar 48 %, dan keterampilan passing atas sebesar 10 %.

Kata kunci: Audiovisual, passing bawah, passing atas bolavoli

Abstract

Learning media is tools that can help an inner teacher deliver message and information. Learning media could improve motivation and interest learn students. Audiovisual media is wrong one medium used in the learning process. This media used because have ability more that is use two sense on simultaneously, that is sense hearing and sense vision so could streamline communication between teachers and students in the learning process at school. The purpose of this research this is for knowing influence and the amount of learning media audiovisual (video) against result learn passing under and passing on volleyball on students class XI senior high school Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Type research experiment quasi (quasi-experiment) with do approach quantitative. Students who became subject research as many as 33 children. Data retrieval with way use test knowledge in the form of 20 questions objective and test skills passing under and passing on volleyball. Results research this obtained exixtence a significant influence with results t test shows that aspect knowledge is 4.972 > 2.042 and value significant p of 0.00 < 0.05, means there is a significant influence. Aspect skills passing under 5.033 > 2.042 and value significant p of 0.00 < 0.05, means there is a significant influence. Aspect skills passing on 5.510 > 2.042 and value significant p of 0.00 < 0.05. Enhancement on aspect knowledge by 16 %, skill passing under by 48 %, and skills passing on by 10 %.

Keywords: Audiovisual, passing under, passing on volleyball




Published
2018-06-05
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 49