Penerapan Small Sided Games terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Pada Siswa Kelas VIII SMPN 19 Surabaya

  • MUHAMMAD FAHRUDDIN

Abstract

Abstrak

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah sesuai observasi di SMPN 19 Surabaya tidak adanya lahan untuk menyampaikan materi sepakbola.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan small sided games terhadap hasil belajar dribbling sepakbola. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Popuasi dalam peelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 19 Surabaya dengan jumlah total 420 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-E yang berjumlah 24 siswa. Cara memperoleh data dengan cara melakukan pre-test , perlakuan dan post-test yang dilakukan 4 kali pertemuan. Dari hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 20 dapat diketahui hasil pre-test dari 24 peserta memiliki rata-rata 57.04 nilai standar deviasi 5.521 dan nilai varian 30.476. Sedangkan untuk hasil post-test dari 24 peserta memiliki rata-rata 68.96 nilai standar deviasi 11.914 dan nilai varian 141.995. Adapun hasil penelitian yaitu pada uji t nilai signifikan pada t hitung (0,00) < t tabel (0,05) berarti Ha dapat diterima dan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap penerapan small sided games terhadap hasil belajar dribbling sepakbola di SMPN 19 Surabaya.aBesarnya presentase peningkatan pada hasil belajar dribbling sepakbola kelas VIII E sebesar 21 % dan pada kelas VIII F sebesar -0,15 %.aDari hasil perhitungan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan small sided games terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada siswa kelas VIII E SMPN 19 Surabaya.

Kata kunci : Model Small Sided Games, dribbling, sepakbola.

Abstract

Background implementation of this research is appropriate observation in SMPN 19 Surabaya absence of land to deliver material of football. The purpose of this study was to determine the effect of the application of models of small-side games on learning outcomes dribbling with inside feet football. This research uses quasi experiment with a quantitative approach. The research design used in this study is one group pretest-posttest design. The population in the study were all students of class VIII SMPN 19 Surabaya with total number of 420 students. while the research samples are class VIII E totaling 24 students. How to obtain data by doing a pre-test, treatment and post-tests conducted 4 times. Results of the analysis using SPSS version 20 can be seen the pre-test of the 24 participants had an average of 57.04 standard deviation 5.521 and variance 30.476 As for the post-test results of the 24 participants had an average of 68.96 standard deviation 11.914 and variance 141.995. The result of the research is the t-test significant value on t count (0,00) < t table (0,05) means Ha is acceptable and there is application small sided games to learning result dribbling football at SMPN 19 Surabaya. The magnitude increase percentage of learning outcomes dribbling football class VIII E 21 % and in class VIII F -0,15 %. From the above calculation results can be concluded that there is effect the use of application small sided games the results learning dribbling football on class VIII E SMPN 19 Surabaya.

Keywords : Small Sided Games,dribbling, football.

Published
2018-06-06
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 29