PENGARUH PEMBELAJARAN PENCAK SILAT DENGAN PENDEKATAN MUSIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 4 SIDOARJO

  • SITI MARUFAH

Abstract

Abstrak

Motivasi merupakan faktor penting dari pembelajaran efektif. Motivasi sebagai salah satu masalah yang terjadi di dalam pembelajaran, khususnya motivasi terhadap pembelajaran pencak silat di SMAN 4 Sidoarjo. Mayoritas siswa menyatakan bahwa pencak silat kurang modern dan didominasi unsur kekerasan. Selain itu, guru PJOK yang tidak percaya diri karena tidak memiliki inovasi dalam memberikan pembelajaran pencak silat yang efektif dan efisien, sehingga menyebabkan pembelajaran tidak kondusif dan berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, alternatif solusinya yaitu dengan memberikan pembelajran pencak silat pencak silat yang menarik, misalnya dengan memberikan pembelajaran pencak silat dengan pendekatan musik sehingga motivasi siswa dapat meningkat.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pencak silat dengan pendekatan musik terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran pencak silat dengan pendekatan musik terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain praeksperimen (Preexprerimental Design) dengan prinsip one grup pretest-postest design, yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh serta seberapa besar pengaruh pembelajaran pencak silat dengan pendekatan musik terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 4 dengan jumlah 36 siswa. Proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket skala likert.Hasil perhitungan statistik diperoleh thitung sebesar 5,320 ≥ ttabel dengan Sig = 0,000 a = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh pembelajaran pencak silat dengan pendekatan musik terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 4 Sidoarjo. Besarnya pengaruh tersebut yaitu sebesar 8,7 %.

Kata Kunci : Motivasi belajar, pencak silat.

Abstract

Motivation is an important factor of effective learning. Motivation as one of the problems that occur in the learning, especially the motivation of learning martial art in Senior Hight School 4 Sidoarjo. The majority of students stated that martial art is less modern and dominated by violence. In addition, Physical Education teachers are not confident because they have no innovation in providing effective and efficient martial art learning, which leads to less conducive learning and impact on the low motivation of student learning. Therefore, the alternative solution is to provide interesting martial art learning, for example by providing martial art learning with a musical approach so that student motivation can increase. The purpose of this research is 1) To know the influence of martial art learning with music approach to student learning motivation of grade X Senior Hight School 4 Sidoarjo. 2) To know the magnitude of the influence of learning martial art with a musical approach to the motivation of learning students of grade X Senior Hight School 4 Sidoarjo. This research is a kind of quasi-experimental research with quantitative approach. The design of this research uses pre-experimental design (Pre experimental Design) with the principle of one group pretest-posttest design, which aims to know the influence and how much influence of martial art learning with music approach to student learning motivation of grade X Senior Hight School 4 Sidoarjo. The sample in this research is class X IPA 4 with 36 students. The process of data retrieval is done by using a Likert scale questionnaire. The result of statistical calculation is tcount equal to 5,320 ≥ ttable with Sig = 0,000 a = 0,05 which means show that H0 is rejected and Ha accepted, so there influence of martial art learning with music approach to student learning motivation class X Senior Hight School 4 Sidoarjo. The magnitude of that effect is equal to 8,7 %.

Keywords: Learning motivation, martial art

Published
2018-06-07
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 53