Perbandingan Partisipasi Aktif dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Antara Siswa Jam Ke 1 dan 2 Dengan Jam Ke 9 dan Jam 10

  • OKTAVIANA DANA KARTIKA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani dan olahraga pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik (jasmani) dan olahraga untuk menghasilkan perubahan yang lebih berkualitas pada setiap individu, baik dalam hal fisik, mental serta emosional. Penjasor memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, daripada hanya menanggapnya sebagai seorang yang terpisah kualitas fisik dan mental. Peranan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan sangat penting agar kondidi fisik peserta didik selalu prima dan mampu melakukan aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan informasi dari permasalahan yang telah ada di rumusan masalah, yaitu: 1) Untuk medeskripsikan tingkat partisipasi aktif siswa dan tingkat motivasi siswa jam ke 1 dan 2 dengan jam ke 9 dan 10 dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMKN 2 Surabaya. 2) Untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat partisipasi aktif siswa dan tingkat motivasi siswa jam ke 1 dan 2 dengan jam ke 9 dan 10 dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMKN 2 Surabaya.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbandingan partisipasi aktif siswa yang signifikan pada saat pembelajaran PJOK antara jam ke 1 dan 2 dengan jam ke 9 dan 10 di SMKN 2 Surabaya, terbukti dari hasil perhitungan uji beda dengan t-test for Equality of Means diketahui bahwa P-value sebesar 0.015 yang berarti memang benar ada perbandingan yang signifikan. 2) Ada perbandingan motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran PJOK antara jam ke 1 dan 2 dengan jam ke 9 dan 10 di SMKN 2 Surabaya, terbukti dari hasil perhitungan uji beda dengan t-test for Equality of Means di ketahui bahwa P-value sebesar 0,000 maka dinyatakan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan antara siswa jam ke 1 dan 2 dengan siswa jam ke 9 dan 10.

Kata kunci: Perbandingan Partisipasi Aktif dan Motivasi Siswa

Abstract

Physical education and sports are essentially educational processes that utilize physical activity (physical) and sports to produce more qualified changes in each individual, both physically, mentally and emotionally. Physical education and sports treats the child as a whole, than only simply assume it as a separate physical and mental quality. The role of learning Physical Education, Sports and Health is very important for the physical condition of learners is always excellent and able to perform activities well without experiencing significant fatigue.

The purpose of this research is to find information from problems that already exist in the formulation of the problem, namely: 1) To describe the level of active participation of students and the level of student motivation at hours 1 and 2 with the hours 9 and 10 in learning Physical Education, Sport and Health at SMKN 2 Surabaya. 2) To know the difference of active participation level of students and the level of student motivation at hours 1 and 2 with the 9 and 10 hours in learning of Physical Education, Sport and Health at SMKN 2 Surabaya.

From the results of this study it can be concluded that: 1) There is a significant active students participation ratio at the time of Physical education and sports learning between the 1st and 2nd hours with the 9th and 10th hours at SMKN 2 Surabaya, as evidenced by the different test results with t-test for Equality of Means note that the P-value of 0.015 which means there is indeed a significant comparison. 2) There is a comparison of students learning motivation during PJOK learning between the hours 1 and 2 with the hours 9 and 10 in SMKN 2 Surabaya, as evidenced by the different test results with t-test for Equality of Means in P-value 0,000 it is stated that there is a significant comparison between the hours 1 and 2 students with the hours 9 and 10 students

Keywords: Comparison of Active Participation and Student Motivation

Published
2018-07-04
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 45