Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PJOK

  • ACHMAD CHOIRUL MAKNUN

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, ketrampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, ketrampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. Di dalam proses pembelajaran terdapat model pembelajaran yang digunakan untuk merancang materi belajar. Salah satunya adalah model pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah1)Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas XI AK 1 di SMK Prapanca 2 Surabaya, 2)Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas XI AK 1 di SMK Prapanca 2 Surabaya.Berdasarkan output “Test Statistics” di atas, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar PJOK untuk pre-test dan post-test, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “ada pengaruh pembelajaran PAKEM terhadap hasil belajar siswa kelas XI AK 1 SMK Prapanca 2 Surabaya dan ada peningkatan sebesar 24,78%.

Kata kunci: Model PAKEM, motivasi dan hasil belajar PJOK

AbstractPhysical Education is the foundation in the form of the education system that has purposed to develop the aspects of helath, physical fitness, critical thinking skills, emotional stability, social skills, intelectual and moral activity through the physical exercise. In the learning process activity there were a learning model used to design the learning materials. One of the learning model are Active, Creative, Effective, and Fun learning (PAKEM) which has purposed to improve the student learning outcomes.There are two purposes on this research. First, is to know the influence of learning model of PAKEM toward the students motivation and learning outcomes of physical education to the students of XI AK 1 at SMK Prapanca 2 Surabaya. Second, is to know the effect of PAKEM learning model of physical education toward the students of XI AK 1 at SMK Prapanca 2 Surabaya.Based on the "Test Statistics" output above, Asymp.Sig. known (2-tailed) is worth 0.000. Since the 0.000 value is less than <0.05, it can be concluded that "Ha is accepted". It means that there is a difference on PJOK learning outcomes between pre-test and post-test, it can be concluded that "there is an effect of PAKEM learning process toward the student learning outcomes of XI AK 1 SMK Prapanca 2 Surabaya that there were 24.78% increase on the result.Keywords: PAKEM model, motivation and learning outcomes of PJOK
Published
2018-07-18
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 167