PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI (STUDI PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI TERATE SUMENEP)

  • SULAIMAN ISMUL HAQ ZULFIYANTONO

Abstract

Abstrak

Menumbuhkan minat belajar disetiap kegiatan belajar mengajar PJOK, membutuhkan sebuah kondisi dengan terpenuhinya semua unsur penunjang secara kondusif demi tercapainya kompetensi hasil belajar secara tuntas. Baik dari sisi spirituil, sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kondisi ini menuntut guru pengajar untuk lebih inovatif dan kreatif di setiap metode dan strategi pembelajarannya. Pendekatan belajar dengan teknik yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Perndekatan bermain adalah salah satunya, dengan menerapkan konsep bermain diharapkan mampu membawa kondisi belajar kearah lebih kondusif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beserta besarannya penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan bermain terhadap hasil belajar servis atas bolavoli pada peserta didik Kelas VIII MTs Negeri Terate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitiannya menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 74 dari kelas 8 MTs Negeri Terate dengan teknik cluster random sampling. Data diperoleh dari hasil tes belajar ranah keterampilan melalui instrumen AHHPER dan ranah pengetahuan menggunakan instrumen tes rubrik penilaian ranah pengetahuan berupa soal pemahaman konsep dasar servis atas bolavoli. Berdasarkan hasil analisis SPSS IBM 2.1 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran pendekatan bermain terhadap hasil belajar servis atas bolavoli, dibuktikan dengan Thitung 3,333 > Ttabel 1,994 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan besar pengaruh 10,96 %.

Kata Kunci : Bermain, Hasil belajar, dan Servis

Abstract

Growing interest to learning in every PJOK’S teaching and learning activities, requires a condition with the fulfillment of all supporting elements that are conducive to the achievement of the competence of learning results thoroughly. From the spiritual side, attitude, knowledge and skill. This condition requires teachers to be more innovative and creative in every method and learning strategy. A learning approach with the right techniques can influence students learning outcomes. Playing Approach is one of them, by applying the playing concept is expected to bring learning conditions towards more conducive and effective. This study aims to determine the effect and magnitude of the use of learning methods by using playing approach to upperhand servis on Volleyball in Grade VIII students of MTs Negeri Terate. The method used in this research is quantitative with Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. The sample of research is 74 from 8th grade of MTs Negeri Terate with cluster random sampling technique. The data obtained from the results of skill learning test through AHHPER instruments and the knowledge domain using the scoring rubric assessment tool about the concept of basic service concept on volleyball. Based on the result of 2.1 SPSS IBM analysis, it can be concluded that there is a significant influence of learning model of play approach toward volleyball upperhand servis learning, proved from Tcount 3,333 > Ttable 1,994 with significant value of 0,001 < 0,05 means that Ho was rejected and Ha is accepted with influence value to 10,96%.

Keyword : Playing, Learning Outcomes, and Service
Published
2018-07-19
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 61