PERBANDINGAN TINGKAT KONSENTRASI DAN MOTIVASI SISWA ANTARA JAM KE 1 DAN 2 DENGAN JAM KE 4 DAN 5 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 5 SIDOARJO

  • GAGUK PURWANTO

Abstract

Abstrak

PJOK merupakan salah satu mata pelajaran yang ada dalam kurikulum satuan Pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dengan fokus pembelajaran melalui aktifitas gerak. Konsentrasi dan motivasi merupakan komponen penting dalam pembelajaran POK yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan mengetahui seberapa besar perbandingan tigkat konsentrasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Subjek penelitian ini menggunakan 264 siswa sebagai populasi dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 66 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes konsentrasi dengan gride concentration test dan angket motivasi belajar siswa. pengelolahan data menggunakan manual dan SPSS for windows release 21.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan terhadap tingkat konsentrasi antara siswa jam ke 1 dan 2 dengan siswa jam ke 4 dan 5 dalam pembelajaran PJOK. Pada tingkat motivasi belajar siswa diketahui mempunyai nilai thitung sebesar 2.419 ≥ ttabel 1,668 dengan Sig = 0,018 ≤ α = 0,05 yang sesuai dengan kriteria pengujian. Hal ini berarti menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada perbedaan motivasi siswa antara jam ke 1 dan 2 dengan jam ke 4 dan 5 dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Motivasi siswa jam ke 1 dan 2 memiliki rata-rata sebesar 171,96 dan siswa jam ke 4 dan 5 memiliki rata-rata motivasi sebesar 162,87.

Kata kunci: Tingkat Konsentrasi dan Motivasi Belajar, Jam Pembelajaran.

Abstract

Sport and Health Education is the one of existing subjects in Education Unit curriculum in elementary, junior high school, and high school which focused on motion activity. Concentration and motivation are important components in Sport and Health Education learning that can support learning activities. The aim of this research was to knowing the information about students comparison and concentration in Sport and Health Education learning. The subjects of this research was using 264 students as a population 66 students for sample. The type of research is non experimental with quantitative approach. The data were collected by giving concentration test with grid concentration test and student motivation questionnaire, and using SPSS for windows release 21.0 to analyze the data. The results of the research showed that there was no differences between fisrst and second schedule learning with students at fourth and fifth schedule learning. At the students motivation level there are several different factors between fisrst and second schedule learning with students at fourth and fifth schedule learning. In the same variant assumed the acquisition of t value equal to 2,419 and significance level p = 0,018. The results show that p <0.05, meaning there was a difference of them.

Keywords: level concentration and motivation to learn, Hours of learning.

Published
2018-07-19
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 132