PENGARUH REWARD TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SERVICE BAWAH DAN SERVICE ATAS BOLA VOLI (Studi pada kelas X MIPA 3 SMA Negeri 3 Sidoarjo)

  • MOH MUKHLIS

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah proses pembelajaran, pendidikan yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan tujuan untuk mengembangkan aspek-aspek kesehatan, kebugaran, keterampilan, kecerdasan, keterampilan sosial, hukum dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. Motivasi adalah sebagai penggerak atau dorongan untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan. Motivasi proses yang memberi semangat, arah dan kegihgihan perilaku. Artinya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama. Motivasi dalam pelajaran yang digambarkan oleh penggerak, salah satunya adalah pemberian hadiah Pemberian rewardmerupakan hal yang mengembirakan bagi anak-anak dan dapat menjadi dorongan bagi belajarnya. Djahmara (2011: 160) dalam Utomo (2015: 8) Saat bersama dengan sesuatu yang menyenangkan ( Reward), maka tingkah laku tersebut terlihat untuk diulang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1); Mengetahui tidak ada hasil dari hadiah untuk membantu siswa dalam layanan pembelajaran bawah dan layanan atas bola voli di SMA Negeri 3 Sidoarjo. (2); Mengetahui biaya untuk memberikan penghargaan kepada para siswa dalam konteks layanan bawah dan layananatas bola voli di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Hasil temuan Berdasarkan Penelitian dan hasil temuan Analisa statistik didapatkan t-hitung sebesar 4.456 ≥ t-tabel 1.695 DENGAN sig 0,000 ≤ α = 0005 Yang Berarti menunjukan bahwa Ho ditolak Dan Ha diterima, sehingga ADA pengaruh Pemberian penghargaan Terhadap Motivasi belajar Siswa hearts Pembelajaran layanan Bawah Dan layanan atas bola voli pada siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Besarnya pengaruh hadiah bagi para siswa dalam pembelajaran layanan bawah dan layanan atas bola voli sebesar 13, 82%

Kata kunci : hadiah reward, motivasi belajar siswa

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah proses melalui aktivitas fisik, latihan yang dipilih untuk mencapai tujuan pendidikan dan bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran fisik, keterampilan berpikir kritis, stabilitas emosi, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas fisik. dan olahraga. Motivasi adalah penggerak atau dorongan untuk melakukan suatu tindakan dalam suatu tujuan. Motivasi proses yang mendorong, arah dan pengerahan perilaku yang berarti perilaku termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan tahan lama. Motivasi dalam belajar yang dipengaruhi oleh mover, salah satunya adalah pemberian reward. Reward adalah hal yang menyenangkan bagi siswa dan dapat menjadi dorongan untuk belajar. Djahmara (2011: 160) dalam Utomo (2015: 8) ketika penampilan perilaku diikuti oleh sesuatu yang menyenangkan (Reward), maka perilaku tersebut cenderung berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1); Untuk mengetahui apakah atau tidak hasil pemberian reward kepada motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di bawah hand serve dan overhead melayani pada bola voli di SMA Negeri 3 Sidoarjo. (2); untuk mengetahui besarnya penerapan pemberian reward terhadap motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran under hand serve dan overhead serve pada bola voli di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis statistik diperoleh t-hitung 4,456 ≥ t-tabel 1,695 dengan sig 0,000 ≤ α = 0,005 yang berarti menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran under hand serve dan overhead serve pada bola voli siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Besarnya pengaruh reward terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran di bawah servis tangan dan overhead melayani pada bola voli sebesar 13,82%

Kata kunci: pemberian reward, motivasi belajar siswa






Published
2018-07-24
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 98