Pengaruh Modifikasi Permainan Softball terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

  • GILANG CESAR PRATIKTA

Abstract

Abstrak

Minat dalam suatu proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, karena minat akan mempengaruhi siswa tersebut dalam mengikuti suatu kegiatan belajar mengajar. Materi permainan softball merupakan materi yang baru bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Krembung, akan tetapi keterbatasan lahan maupun perlatan dan rumitnya aturan permainan menjadi kendala untuk menyampaikan materi permainan softball. Oleh karena itu modifikasi menjadi alternatif supaya materi tersampaikan dengan baik. Melalui modifikasi permainan softball diharapkan minat siswa dalam pembelajaran PJOK menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan softball terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Krembung dan jika ada, seberapa besar pengaruh modifikasi permainan softball terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Krembung. Sampel penelitian ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelas X-IPS 1 dengan jumlah siswa 30 sebagai Kelompok Eksperimen dan kelas X-IPA 7 dengan jumlah siswa 26 sebagai Kelompok Kontrol. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh modifikasi permainan softball terhadap minat siswa dalam Pembelajaran Pendiidkan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Krembung karena dari hasil analisis menunjukan bahwa nilai thitung 0,928 ≤ ttabel 1,699 dengan Sig = 0,361 ≥ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Modifikasi permainan softball, Minat.

Abstract

Interest in a learning process is very important, because interest will affect the student in following a teaching and learning activities. Softball game material is a new material for students of grade X Senior Highschool 1 Krembung, but the limitations of land and equipment and the complexity of the game rules become obstacles to deliver softball game material. Therefore, modification becomes an alternative to the material delivered properly. Through softball game modification is expected student interest in learning phsycal education to be better. The purpose of this research is to know effect of softball game modification to students interest in physical education education, sport and health in grade X students of Senior Highshcool 1 Krembung and if any, how much influence softball game modification to student interest in learning physical education, sports and health in grade X students Senior Highshcool 1 Krembung. The sample of this study used 2 groups, namely class X-IPS1 with the number of students 30 as Experiment Group and X-IPA 7 class with the number of students 26 as the Control Group. Based the analysis results can be concluded that there is no effect of softball game modification on student interest in Learning Physical, Sports and Health Education in the students of class X Senior Highshcool 1 Krembung because of the analysis results show that the value of tcount 0.928 ≤ ttabel 1.699 with Sig = 0.361 ≥ α = 0.05 which means indicating that H0 is received and Ha is rejected.

Keyword(s): Softball game modification, interest.

Published
2018-07-24
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 339