Pengaruh Media Bola Gantung Terhadap Hasil Belajar Lob Forehand Bulutangkis Pada Siswa Kelas V SD Laboratorium Unesa

  • BERLIAN NUSANTARA SURYA PUTRA

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), salah satu aktivitas fisik melalui permainan bulutangkis. Dalam permainan bulutangkis sendiri terdapat beberapa pukulan dalam memukul shuttlecock. Salah satunya pukulan lob, ada tiga teknik untuk melakukan pukulan lob yaitu lob forehand, backhand lob, overhead lob. Teknik pukulan lob forehand merupakan teknik yang paling ringan dilakukan dalam permainan bulutangkis karena pada saat memukul dilakukan dengan posisi badan rilek dengan salah satu kaki didepan berat badan menumpu kebelakang kemudian shuttlecock dipukul diatas kepala dengan ayunan raket kedepan dan meluruskan lengan serta pergelangan tangan kedepan. Dalam bulutangkis terdapat beberapa alat bantu sebagai penunjang untuk memperbaiki teknik pukulan lob forehand, salah satunya adalah bola gantung. Bola gantung diharapkan mampu membantu siswa agar teknik pukulan yang diajarkan menghasilkan teknik pukulan yang baik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media bola gantung terhadap hasil belajar lob forehand bulutangkis pada siswa kelas V SD Laboratorium Unesa dan untuk mengetahui besarnya pengaruh media bola gantung terhadap hasil belajar lob forehand bulutangkis pada siswa kelas V SD Laboratorium Unesa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan kelas V-C SD Laboratorium Unesa dengan jumlah total 42 siswa.Berdasarkan hasil penelitian, pemberian media bola gantung berpengaruh terhadap hasil belajar lob forehand, hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata pretest dan postest pada kelompok eksperimen yang telah diberi perlakuan media bola gantung, sebelum diberi perlakuan yaitu pretest sebesar 39,04 dan setelah diberi perlakuan perlakuan yaitu posttest sebesar 55,11. Oleh karena itu hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh media bola gantung terhadap hasil belajar lob forehand bulutangkis pada siswa kelas V SD Laboratorium Unesa dapat diterima dengan peningkatan pada nilai keterampilan sebesar 41,15% .

Kata Kunci: Lob forehand bulutangkis, Bola gantung, Hasil Belajar.

Abstract

Physical Education, Sport and Health (PJOK), one is physical activity through badminton game. In the badminton itself there are some punches in hitting shuttlecock. One of them is lob punch, there are three techniques to do a lob punch that are lob forehand, backhand lob, and overhead lob. Lob forehand punch techniques is the lightest technique performed in badminton game because at the time of hitting is done with rilex body with one foot in front of another body weight backwards then shuttlecock beaten on the head with swing racket forward and straighten arms and wrists fore. In badminton there are several aids to support the technique of lob forehand punch, one of them is a hanging ball. Hanging balls is expected to be able to help students to make the hitting techniques that has been taught create a good hitting technique. The purpose of this study is to determine the effect of the use of hanging media on the learning results of lob forehand badminton in grade V students of Unesa Laboratory School and to know the magnitude of the effect of hanging ball media on the learning result of lob forehand badminton at grade V students of Unesa Laboratory School. The sample of this research is V-A class and V-C Class of Unesa Laboratory School with total of 42 students. Based on the result of this research, the giving of hanging media influenced the learning result of lob forehand, it is proved from the result of pretest and posttest average in the experimental group which has been treated with hanging ball media, before being treated the pretest is equal to 39.04 and after being treated the posttest is 55.11. Therefore, the hypothesis that there is influence of hanging ball media on the learning result of lob forehand badminton at grade V students of Unesa Laboratory can be accepted with an increase in skill value of 41.15%.

Keyword(s): Lob forehand badminton, Hanging Ball, Learning Outcomes.


Published
2018-07-24
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 90