IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL (VIDEO) DAN MEDIA GAMBAR (POSTER) TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLABASKET

  • SURYANTO SETYO PUTRO

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan dan informasi. Media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa. Media ini digunakan karena mempunyai kemampuan lebih yaitu menggunakan dua indera secara bersamaan, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan sehingga dapat mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya media pembelajaran audiovisual (video) dan media gambar (Poster) terhadap hasil belajar shooting bolabasket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 36 anak. Pengambilan data dengan cara menggunakan tes pengetahuan berupa 3 soal objektif dan tes keterampilan shooting bolabasket. Hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh yang signifikan dengan hasil uji t menunjukkan bahwa aspek pengetahuan media gambar adalah 4.694 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05, berarti ada pengaruh yang signifikan. Aspek keterampilan media gambar 9.544 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05, berarti ada pengaruh yang signifikan. Aspek pengetahuan media video 9.604 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05, berarti ada pengaruh yang signifikan. Aspek keterampilan media video 7.693 > 2.042 dan nilai signifikan p sebesar 0.00 < 0.05. Peningkatan pada aspek pengetahuan media gambar sebesar 33,51%, aspek keterampilan media gambar sebesar 33,07%, aspek pengetahuan media video sebesar 30,83%, aspek keterampilan media video sebesar 41,28%

Kata Kunci: Audiovisual, Poster, shooting bolabasket

Abstract

Learning media is a tool that can help a teacher in conveying messages and information. Learning media can enhance the learning interest of students. This media is used because it has more capabilities i.e. use two senses simultaneously, i.e. the sense of hearing and vision senses so as to streamline communication between teachers and students in the learning process in schools. The purpose of this research is to know the magnitude of the influence and audiovisual learning mediums (video) and media image (Poster) against the results of the study was shooting at students of Class XI 1 Driyorejo high school. Experimental research on pseudo type (quasi-experiment) and a quantitative approach. Students who become the subject of research as much as 36 children. Data retrieval by using the knowledge test in the form of 3 reserved objective and was shooting skills test. The results of this research obtained the existence of significant influence by the t test results show that aspects of the knowledge media image is 4,694 > 2,042 and significant value of 0.00 p < 0.05, means there is a significant influence of the skill Aspects of image media. 9,544 > 2,042 and significant value of p 0.00 < 0.05, means there is significant influence. video media knowledge Aspect 9,604 > 2,042 and value significant p of 0.00 < 0.05, means there is significant influence. video media skills Aspects of 7,693 > 2,042 and significant value p of 0.05 0.00 <. Increased knowledge on media images of 33.51%, media skills aspect of the image of 33.07%, aspects of knowledge media video of 30.83%, video media skills aspect of 41.28%

Keywords: Audiovisual, Poster, shooting basketball.

Published
2018-07-24
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 133